Kamis, 13 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Perbaikan Saluran Irigasi di Dolokgede Masuk Usulan DAK 2019

Editor: samian
Rabu, 10 Oktober 2018
dok SBU
Perbaikan saluran irigasi waduk Nglambangan diwilayah Desa Dolokgede ini sudah masuk usulan DAK tahun 2019.
TERKAIT:

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) menegaskan, perbaikan  saluran irigasi waduk Nglambangan yang melintasi Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sudah diusulkan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

"Perbaikan sudah masuk usulan DAK tahun 2019," kata Kepala DPU SDA, Edi Susanto, saat dikonfirmasi Suarabanyuurip.com, Rabu (10/10/2018).

Kerusakan saluran air sepanjang sekira dua kilometer ini telah ditangani Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sejak pengajuan renovasi dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Dolokgede beberapa waktu lalu.

"Sudah kita tindak lanjuti, tapi saya lupa anggarannya berapa. Sekarang masih ada di Solo," tandas mantan Kepala Dinas Perhubungan.

Di beritakan sebelumnya kerusakan saluran irigasi waduk Nglambangan yang melintasi Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sejak empat tahun silam itu sudah pernah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Dolokgede untuk segera direnovasi.

"Sudah pernah kami laporkan dan langsung disurvei oleh dinas pengairan. Tapi sampai saat ini belum ada tanda akan diperbaiki," kata Kepala Desa Dolokgede, Nunuk Sri Rahayu, kepada Suarabanyuurip.com, Rabu (10/10/2018).

Kades ring satu proyek Unitisasi Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) ini berharap, agar segera dilakukan renovasi sebelum musim hujan tiba. Karena jika tidak segera diperbaiki maka dampaknya cukup bahaya bagi warga saat turun hujan. Utamanya satu titik yang paling ujung.

Karena akan membuat tanah longsor. Selain itu air juga akan meluber ke rumah warga disekitar saluran air. Sebab air tidak bisa mengalir lancar akibat tersumbat oleh sampah dan bekas pecahan bangunan saluran.

"Itu untuk dampak negatifnya. Untuk positifnya jika sudah dibangun bagus lagi lahan pertanian disekitarnya mudah mendapatkan air. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian dari hasil pertanian," tandasnya.(rien) 

Dibaca : 379x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>