Kamis, 13 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Peringati Hari Jadi, Tuban Gratiskan Pemasangan Kontrasepsi

Editor: nugroho
Kamis, 11 Oktober 2018
Diah Ayu Fadhilah
Kepala Dinkes Tuban, Endah Nurul K.

SuaraBanyuurip.com Diah Ayu Fadhilah

Tuban – Dalam rangka menyukseskan Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Jawa Timur, bersama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggratiskan pemasangan kontrasepsi selama dua bulan. Tujuannya agar pasangan usia subur dapat mengatur jarak kehamilan.

“Artinya dalam satu rumah harus ada satu balita saja,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Endah Nurul K, saat ditemui suarabanyuurip.com di ruang kerjanya Jalan Brawijaya Tuban, Kamis (11/10/2018).

Endah sapaan akrabnya, menjelaskan layanan ini melibatkan semua tenaga medis di 33 puskesmas dan rumah sakit yang ada di Bumi Wali-sebutan lain Tuban. Program ini juga sudah berjalan selama bertahun-tahun, utamanya  di hari proklamasi, maupun HJT.

Untuk mengikuti program ini, caranya dengan datang langsung ke puskesmas atau RS terdekat. Selain itu, Dinkes sudah sering melakukan sosialisasi kepada remaja sekolah, dengan tidak melakukan pernikahan usia dini.

“Setelah persalinan harus segera melakukan pemasangan kontrasepsi, agar menekan jangka kehamilan,” terang perempuan berkacamata itu.

Sementara, Kepala Puskesmas Kebonsari, Kecamatan Tuban, Nur Hayati Istikhwari, menambahkan persiapan pelaksanaan pelayanan berjalan lancar sampai detik ini. Dalam kegiatan ini pihaknya hanya sebagai tenaga medis, untuk alat kontrasepsinya sudah disediakan oleh BKKBN.

Pasien berhak memilih alat kontrsepsi, namun tim medis menyarankan agar memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

"Karena sifatnya jangka panjang,” pungkas perempuan murah senyum itu. (ayu)

Dibaca : 795x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>