Minggu, 18 Agustus 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Peringati HPN, RPS Tanam 50 ribu Pohon

Editor: nugraha
Sabtu, 22 Februari 2014

SuaraBanyuurip.com -  Edy Purnomo

Tuban - Komunitas wartawan Tuban, Ronggolawe Press Solidarity (RPS), melakukan penanaman 50 ribu bibit pohon di kawasan sumber mata air Gembul, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Penanaman dilakukan dikawasan sumber mata air, sebagai upaya menjaga ketersediaan air, dan juga upaya penghijauan di lahan kritis yang ada di Kabupaten Tuban. Rencananya, rehabilitasi juga akan dilakukan di sejumlah mata air lain yang ada di Kabupaten Tuban.

"Kita sengaja melakukan penanaman di sini, karena ingin menggandeng beberapa pihak untuk melakukan penyelamatan sumber mata air," jelas Ketua RPS, Khoirul Huda, dalam sambutan di hadapan ratusan undangan yang hadir, Sabtu (22/2/2014).

Penanaman pohon itu sebagai salah satu rangkaian Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2014. Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oelah para wartawan, tapi juga dihadiri Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan juga sejumlah perusahaan yang ada di Tuban.

"Selain melakukan eksploitasi, perusahaan juga harus mengedepankan kepeduliannya terhadap lingkungan," tegas jurnalis Harian Bhirawa itu.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, dalam sambutannya mengapresiasi apa yang dilakukan jurnalis yang tergabung di RPS. Selain itu, misi penghijauan dan penyelamatan sumber mata air, merupakan bentuk sinergi dengan program pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam penanganan lahan kritis.

"Ini merupakan bentuk sinergi yang bagus, terima kasih kepada RPS," ujar Noor Nahar Hussein.

Pembukaan penanaman 50 ribu bibit pohon itu dihadiri sekitar 500 undangan. Berasal dari Forpimda, SKPD, Polri, TNI, perwakilan perusahaan, Linmas, Mahasiswa, Pramuka, sejumlah komunitas yang ada di Tuban, pelaku seni, Palang Merah Indonesia, LSM, serta masyarakat sekitar sumber mata air Gembul.(edp)

Dibaca : 811x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan