Minggu, 17 Februari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Peringati HPN, RPS Tanam Pohon di Bantaran Bengawan

Editor: nugraha
Kamis, 26 Februari 2015
SuaraBanyuurip.com/edy
PEDULI LINGKUNGAN : Wakil Bupati Tuban bersama Forpimda, SKPD dan LSM menanam pohon di bantaran bengawan dalam peringatan HPN 20

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Komunitas Wartawan Tuban, Ronggolawe Press Solidarity (RPS), sukses menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2015, Kamis (26/2/2015).

Peringatan HPN kali ini, dilakukan dengan tanam pohon di dekat bantaran Sungai Bengawan Solo, di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Wilayah ini merupakan Daerah Aliran Solo (DAS) yang setiap tahun tanahnya tergerus derasnya air sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein, pejabat Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), perwakilan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), perwakilan perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, aktivis lingkungan, mahasiswa, serta semua jaringan yang biasa berkomunikasi dengan RPS.

"Kita sengaja kali ini melakukan penanaman pohon di dekat bantaran Bengawan Solo yang setiap tahun tergerus air," jelas Ketua Panitia HPN, Mutohar, kepada suarabanyuurip.com di lokasi acara.

Dia menjelaskan, para wartawan di Tuban menilai abrasi yang melanda Desa Kebomlati cukup memprihatinkan. Sudah ada sekitar 25 rumah yang terpaksa direlokasi sejak belasan tahun terakhir, dan satu kilometer jalan yang terputus karena berubah menjadi sungai.

"Kami harap penanaman ini bisa menjadi stimulus semua pihak kalau Desa Kebomlati terancam hilang akibat tergerus abrasi," kata Mutohar.

"Dengan begitu perlu dilakukan penanganan supaya abrasi tidak semakin parah, baik itu dengan digalakkan penghijauan ataupun pembangunan plengsengan untuk bantaran bengawan yang selama ini tidak pernah dilakukan," lanjutnya.

Selain penanaman pohon, kegiatan HPN juga dilakukan dengan melakukan donor darah, serta santunan untuk 200 anak yatim piatu yang berada di sekitar desa setempat.

"Kami sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan teman-teman RPS. Selain melakukan kontrol sosial dengan pena juga mau dan peduli melakukan kegiatan sosial seperti ini," kata Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, ketika memberikan sambutan.(edp)

Dibaca : 419x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>