Perolehan DBH Migas Pendidikan Masih Hitung

Rabu, 11 September 2019, Dibaca : 150 x Editor : rozaqy

Ririn Wedia
Kepala BPKAD Bojonegoro, Ibnoe Soeyeti


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengaku masih menghitung perolehan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas untuk pendidikan pada tahun 2019. Sementara dari data yang dihimpun suarabanyuurip.com menyebutkan, tahun 2018 besaran DBH Migas Pendidikan adalah sebesar Rp72 miliar.

"Tahun ini masih dihitung oleh Badan Pendapatan Daerah," kata Kepala Badan Pengelolaan dan Kekayaan Aset Daerah (BPKAD) Bojonegoro, Ibnoe Soeyoeti, Rabu (11/9/2019).

Menurutnya, pemanfaatan DBH Migas pendidikan tidak lagi terfokus pada pembangunan fisik gedung Sekolah Dasar, tetapi juga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dana ini, nantinya akan dialokasikan di dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dam Cipta Karya juga Dinas Pendidikan.

"Setelah dihitung jumlah DBH migas pendidikan, baru dialokasikan. Sekarang belum," tegasnya.

Pihaknya mengungkapkan, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2019 induk sebesar Rp4,8 triliun, saat ini baru terserap 32 persen. Termasuk serapan di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Kalau sesuai aturan, seharusnya 20 persen dari APBD dialokasikan untuk pendidikan. Tapi sekarang belum ada 20 persen ya. Total serapan saja baru 30 persen," tandas pria berkumis tipis.

Selain DBH Migas pendidikan, Pemkab Bojonegoro juga mendapatkan bantuan dana lainnya dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK),  juga dari Pemerintah Provinsi.

"Tapi memang belum terserap maksimal sekarang," tandasnya.

Terpisah, Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, Sally Atyasasmi mengungkapkan, untuk meningkatkan sektor pendidikan di Bojonegoro, angka Rp72 miliar dinilai sedikit.

"Kami pernah studi banding di Banyuwangi, untuk meningkatkan pendidikan saja butuh dana Rp2 triliun," tukas wanita berparas cantik ini.

Sekarang ini, pihaknya belum menerima data dari Dinas Pendidikan jumlah bangunan sekolah yang rusak dan target penyelesaian.

"Sumbangsih DBH Migas Pendidikan masih sangat kecil ya," pungkasnya. (Rien)


Tidak ada komentar
Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more