Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pertamina EP Akan Perbaiki Jembatan Semanggi

Editor: nugroho
Rabu, 07 November 2018
Ahmad Sampurno
SEGERA DIPERBAIKI : Putusnya Jembatan Semanggi yang menghubungkan dua dusun mengganggu aktivitas warga.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Jembatan Desa Semanggi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Putus. Jembatan utama penghubung dua dusun di kawasan penambangan sumur minyak tua itu selama tuju bulan terahir tidak tersentuh perbaikan. Warga terpaksa menggunakan jembatan darurat untuk beraktivtas. 

Pelaksana tuga (Plt) Sekretaris Desa Semanggi, Jimin menjelaskab jembatan itu menjadi penghubung antara Dusun Ngodo dengan Dusun Semanggi.

"Sudah sejak tujuh bulan lalu putus karena tergerus aliran air," kata dia kepada SuaraBanyuurip.com, Rabu (7/11/2018).

Akibat jembatan putus aktivitas warga terganggu. Mereka harus membuat jembatan darurat agar tetap bisa aktivitas. Sebab, butuh waktu lebih lama jika harus berputar arah untuk mencapaik dusun sebelah.

"Jaraknya kira-kira 7 kilo meter," ungkapnya. 

Jembatan Semanggi memiliki panjang 15 meter dengan lebar 4 meter. Jembatan dibangun Perhutani sekitar tahun 1980an. Saat ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja.

"Dulu bisa dilewati roda empat, sekarang tidak, hanya roda dua, karena jembatan daruratnya tidak memungkinkan," jelasnya. 

Perbaikan Jembatan Semanggi sudah sering diusulkan kepada pemerintah, namun ditolak dengan alasan di kawasan hutan. 

"Karena jalannya itu milik Perhutani," ujarnya.

Sekarang ini warga mulai khawatir jika jembatan darurat tergerus air. Sebab telah memasuki musim penghujan, dan ketinggian air bisa mencapai hampir separo badan jembatan.

"Apalagi posisi jembatan darurat berada di bawah jembatan yang ambrol, saya yakin pasti nanti akan hilang juga," ucap Muntoha yang mengaku saban hari melewati Jembatan Semanggi. 

Dia berharap agar Jembatan Semanggi bisa segera dibangun, karena menjadi akses satu-satunya warga untuk beraktivitas.

Putusnya Jembatan Semanggi ini telah menjadi perhatian Operator Lapangan Minyak Sumur Banyuasin, Pertamina EP Asset 4 Cepu Field. Anak perusahaan BUMN, PT Pertamina itu sudah memiliki rencana untuk melakukan perbaikan sebagai bentuk perhatian terhadap lingkungan.

"Iya, itu sudah masuk program kami. Jembatan Semanggi akan diperbaiki," ujar Government & Public Relations Staff Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, Intan Anindita Putri dikonfrontir terpisah.

Untuk ketahui, di Desa Semangi terdapat puluhan titik sumur minyak tua beroperasi yang diusahakan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Blora, PT Blora Patra Energi (BPE).  Sekarang ini, Pertamina EP juga sedang melakukan eksplirasi Sumur Banyuuasin (BNA-P3) di wilayah setempat.(ams)



Dibaca : 280x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan