Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pertamina EP Diminta Bina KUD Sumur Tua

Editor: nugroho
Rabu, 12 Juni 2013

SuaraBanyuurip.com - Ririn W

Bojonegoro- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) meminta Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) memberikan pembinaan kepada Koperasi Unit Desa  (KUD) yang mengelola sumur tua di Kecamatan Kedewan dan Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kepala SKK Migas Jabamanusa, Agus Kurnia, mengungkapkan, jika keberadaan sumur tua didua kecamatan tersebut hingga kini masih memiliki potensi minyak meskipun tidak besar. Hal itu menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar karena sebagian besar sumur peninggalan Belanda itu dieksplorasi sendiri menggunakan alat tradisional.

"Kalau dulu memang belum ada ijin untuk mengeksplorasi sumur-sumur itu, tapi sekarang sudah ada dan kegiatan masyarakat disana legal," tegasnya.

Agus mengungkapkan, pengelolaan sumur tua dari dulu hingga dilakukan oleh beberapa KUD yaitu KUD Karya Sejahtera di Kecamatan Malo, KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama di Kecamatan Kedewan.

"Nah, kami minta Pertamina EP untuk membina ketiga KUD tersebut," tandasnya.

Dia mengungkapkan, pembinaan ini dilakukan agar masyarakat bisa bekerjasama dengan baik dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum seperti menjual minyak secara ilegal pada para tengkulak.

"Jika itu tetap dilakukan tentu merugikan negara," imbuh Agus.

Dia jelaskan, sumur tua di dua kecamatan tersebut hanya mengeluarkan minyak mentah sebesar 600 barel per hari (bph) dari total kurang lebih sebanyak 125 sumur.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Suyoto, meminta Pertamina EP selaku operator memantau kegiatan di sumur tua, terlebih pada eksplorasi yang dilakukan masyarakat setempat. Jangan sampai apa yang dilakukan masyarakat dianggap ilegal akibat kurangnya perhatian.

"Jangan sampai operator itu kalah dengan eksplorasi liar disana," tegas Suyoto. (rien)

Dibaca : 1890x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan