Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pertamina Gulirkan Program Pembibitan Kambing di Bojonegoro

Editor: nugroho
Jum'at, 24 April 2015
12
dok/sbu
PERCONTOHAN : Kandang kambing program Pertamina yang dilaksanakan bersama UGM di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo.
SuaraBanyuurip.com
kambing bantuan pertamina

SuaraBanyuurip.com - D suko Nugroho

Bojonegoro – Sebagai perusahaan hulu migas, PT. Pertamina senantiasa tak melupakan tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Melalui program Pertamina Berdikari, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu telah menggelontorkan program budidaya kambing, ayam potong dan entrepreneur (usaha) di sejumlah desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Program kemasyarakatan itu dilaksanakan Pertamina bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jawa Tengah. Ada dua program yang saat ini sudah berjalan yakni budidaya pembibitan kambing dan entrepreneur.

Dalam program budidaya kambing ini Pertamina telah memberikan 57 ekor kambing pada tahap pertama dari target 99 ekor yang akan diberikan. Puluhan kambing itu dikelola oleh 41 warga Desa dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, dengan sistim kelompok.

“Ada tiga kecamatan di Bojonegoro yang menjadi sasaran program kami yakni Kecamatan Ngasem, Ngambon, dan Tambakrejo,” kata Assitent Manager Infrastructure and Disaster Corporate Social Responsibility Corporate Secretary PT Pertamina, Bino Bowo saat melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) program di Bojonegoro, Jum’at (24/4/2015).

Budidaya kambing yang dilaksanakan Pertamina berbentuk pembibitan dengan sistim bergulir. Artinya, setiap kambing yang beranak, peranakannya akan diberikan kepada kelompok dan anggota dengan catatan setiap anggota menyiapkan kandang dan membuat surat perjanjian untuk tidak menjualnya.

“Selain itu kita juga memberikan bantuan kandang ideal yang sehat bagi lingkungan dan masyarakat. Juga pelatihan beternak kepada penerima manfaat program agar mereka dapat mengelola dan mengembangkannya,” ujar Bino, mengungkapkan.

Pria asli Yogyakarta itu menilai, program pembibitan kambing ini jauh lebih menjanjikan daripada penggemukan. Karena dengan pembibitan ini keuntungan yang diperoleh manfaat program akan jauh lebih besar.

“Dari hasil monev tadi, saat ini bantuan kambing yang kita berikan sebagian sudah ada yang bunting dan beranak,” kata Bino.

“Kami juga memberikan pelatihan membuat pakan ternak dan mengolah kotoran ternak menjadi pupuk organik. Ini kita lakukan agar nantinya jika ternak warga sudah berkembang dapat memberikan nilai ekonomis bagi warga,” lanjut Bino.

Dia berharap, program Pertamina Berdikari yang dilaksanakan di Bojonegoro dapat berkembang sehingga bisa meningkatkan ekonomi dan kemandirian masyarakat. “Kita akan evaluasi program ini untuk mengetahui kekurangannya agar program yang dilaksanakan sesuai harapan bersama,” pungkas Bino.(suko)

Dibaca : 1178x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan