Selasa, 11 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pertamina Tingkatkan SDM Pebatik Blora

Editor: samian
Senin, 11 Desember 2017
12
Ahmad Sampurno
ANTUSIAS : Perajin batik Blora antusias mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas batik yang diberikan Pertamina EP Asset 4.
SuaraBanyuurip.com
Tiara sedang ikut bersama pebatik Blora.

SuaraBanyuurip.comAhmad Sampurno

Blora - Sumber Daya Manusia (SDM) perajin batik di wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mendapat perhatian dari Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Perhatian dari perusahaan plat merah itu diwujudkan dengan memberikan pelatihan bagi para perajin batik di wilayah setempat. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas mereka sebagai perajin batik.

Public Relations Analyst Pertamina EP Asset 4 , Tiara Kartikasari, menjelaskan, bahwa Pertamina telah memberikan Pelatihan Batik Halus dan Clean Production untuk Tingkatkan Daya Saing Pengrajin Batik Khas Blora yang dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 7 Desamber 2017.

"Pelatihan ini bertujuan peningkatan skil pengrajin untuk membuat batik halus," kata Tiara, kepada suarabanyuurip.com, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, pelatihan itu dilaksanakan di Museum Batik Yogyakarta dan langsung mendapat bimbingan dari para pebatik senior yang telah lebih dari 20 tahun berkecimpung dalam dunia batik.

Pihaknya berharap, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan skill pengrajin batik khas Blora yang telah dibina Pertamina EP Asset 4 Field Cepu selama tahun itu, namun juga meningkatkan wawasan para perajin tentang sejarah batik.

"Berbagai trik dan tips proses membuat kain batik diajarkan, dan tentunya bisa menginspirasi pengrajin Blora untuk lebih kreatif dalam memproduksi motif batik yang bernilai jual dan berdaya saing tinggi," tandas ibu satu anak ini.

Dari sisi ekonomi, kata Tiara, batik halus dikenal memiliki nilai jual sangat tinggi. Karena dalam proses pengerjaannya memerlukan skill mencanting yang sangat baik dan proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama.

"Satu lembar batik halus bisa dihargai Rp4 juta sampai Rp5 juta," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebagai komitmen Pertamina terhadap kelestarian lingkungan, pada tanggal 13-15 Desember 2017) nanti, akan dilaksanakan pelatihan produksi bersih dan lebih ramah lingkungan.

"Dengan menghadirkan narasumber dan praktisi batik senior serta ahli pengolahan air sisa produksi," terangnya. (ams)

Dibaca : 509x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>