Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Perusahaan Masih Abaikan Pengertian CSR

Editor: teguh
Rabu, 16 Desember 2015
Ririn Wedia
RAKOR CSR : Maria R Nindita Radyati dari Universitas Trisakti saat memaparkan makalahnya dalam Rakor CSR di Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Executive Director Of CECT (Recearh center of CSR and Sustainable) Founding Director of MM-CSR Universitas Trisakti, Maria R Nindita Radyati, mengatakan, keberhasilan program Corporate Social Responbility (CSR) oleh perusahaan tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus bermitra. 

"Mitra juga harus diajari, jangan menganggap masyarakat itu semuanya bisa," tegas wanita berkacamata minus ini saat Rakor dan Sinkronisasi Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Social Responbility (CSR) bersama Pemkab Bojonegoro, dan perusahaan termasuk Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS), Rabu (16/12/2015).

Menurut Maria, CSR itu bukan uang tutup mulut untuk menyelesaikan masalah. Bukan cuma bagi-bagi uang, dan bukan cuma pencitraan saja. CSR harus menciptakan sustainable impact dengan cara yang etis.

"Harus mampu merevolusi mental dan tidak menjadi sebuah ketergantungan," lanjutnya.

Perusahaan yang ada termasuk di Bojonegoro jangan bersifat hit and run tetapi training, couching, dan mentoring. Hal itu dapat dilakukan dengan memberikan training kepada mitra atau LSM yang akan digandeng.

Ada beberapa kunci sukses dalam melaksanakan CSR, diantaranya menyamakan persepsi tentang CSR antara Pemkab, LSM, perusahaan, dan masyarakat. Komitmen pimpinan perusahaan, menghormati kearifan lokal, regulasi lokal dan project management

"Masih banyak perusahaan yang mengabaikan hal-hal tersebut," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Bojonegoro, I Nyoman Sudana, menyampaikan, dengan adanya pengertian CSR seperti ini, maka pihaknya akan mensinkronkan semua program CSR di wilayahnya.

"Kami akan membentuk forum CSR dan mendiskusikan pelaksanaan CSR di Bojonegoro," ungkapnya.

Sehingga, pemberian CSR oleh perusahaan yang ada sekarang ini tidak sia-sia. Karena, masih banyak program kemasyarakatan yang tidak tercover melalui APBD dan APBN. (rien) 

Dibaca : 525x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan