Petani Blok Cepu Belajar Pupuk Organik

Sabtu, 04 Januari 2014, Dibaca : 1567 x Editor : nugraha

SuaraBanyuurip.com/Athok
TINGKATKAN SDM: Perwakilan kelompok tani melakukan pertemuan dengan Posdakota untuk belajar pupuk organik.


SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro- Sejumlah perwakilan dari kelompok tani di sekitar wilayah migas Blok Cepu mulai mencari alternatif untuk menyelamatakan pertanian. Satu diantaranya dengan memaksimalkan pupuk organik.

Mereka adalah perwakilan kelompok tani dari Desa Mojodelik, Cengungklung, Kecamtan Gayam, Sumengko, Kecamatan Kalitidu dan Malo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Baca Lainnya :

    "Apalagi pupuk kimia setiap tahunnya makin jarang didapat dan mahal harganya," ujar Muhammad Ja'i, mewakili kelompok tani Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

    Menurut dia, sudah saatnya sektor pertanian harus dicarikan formula baru dalam pengelolaanya. Apalagi faktor penyempitan lahan dan kondisi tanah akibat pemakaian pupuk kimia dapat menurunkan kualitas hasil pertanian.

    Baca Lainnya :

      Edo, salah satu pemateri yang dihadirkan mengungkapkan, sudah saatnya petani mulai beralih ke organik. Sebab, saat ini para petani membutuhkan lahan sehat, bukan hanya lahan subur.

      "Kalau tidak lagi sehat mana bisa subur," terang pria yang juga anggota LSM Pusdakota Surabaya ini.

      Dia menuturkan, pertanian dengan menggunakan pupuk organik sudah berhasil dikembangkan di Desa Ngunut, Kecamatan Dander, didekat wilayah operasi Lapangan Alas Tuwa East (ATE), Blok Cepu. Di tempat itu sedikitnya ada sebelas kelompok petani yang mulai menggunakan pupuk organik.

      Dia menerangkan, dengan menggunakan pupuk organik bisa lebih ekonomis. Untuk lahan seluas 1 hektare, hanya mampu menghabisakan 7 kilogram pupuk. Sedangkan untuk pupuk kimia biasa sampai 25 kilogram.

      Dalam pertemuan tersebut juga diberikan pelatihan cara pembuatan pupuk organik. Yaitu dengan cara memaksimalkan bakteri yang ada di tempe, tape (singkong), dan campuran susu fermentasi.

      "Berdasarkan penelitian kami, terbukti pupuk organik ini bisa lebih efektif dari kimia," terangnya.(roz)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more