Senin, 19 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Petani Blok Cepu Bersiap Garap Sawah

Editor: nugroho
Senin, 28 Oktober 2013
samian sasongko
SIAP BERTANAM : Karji, petani Desa Bonorejo sedang membersihkan rumput dan ranting kering sebagai persiapan musim tanam.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Petani di Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mulai mempersiapkan lahannya setelah wilayah setempat diguyur hujan beberapa hari ini. Lahan yang semula dibiarkan bero (tidak ditanami) saat musim kemarau itu sekarang mulai digarap kembali.

Dari pantauan, para petani mulai terlihat terjun di sawah ladang mereka yang terletak di dekat proyek Banyuuruip, Blok Cepu. Mereka membersihkan rumput dan ranting kayu kering sisa musim kemarau dengan menggunakan cangkul dan sabit.

Seorang warga Dusun Puduk (Sukorejo), Desa Bonorejo, Karji, mengatakan, pembersihan lahan ini sebagai persiapan untuk menggarap sawahnya karena saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Selama ini petani di wilayah Gayam hanya mengandalkan air hujan untuk dapat mengolah lahan persawahannya.

"Sementara saya tipari dulu Pak, agar rumput dan ranting tanaman sebelumnya bersih," kata Karji saat ditemui di lahan persawahanya yang berada di barat proyek Kampung Tunnel, Senin (28/10/2013).

Pria yang berdomisili di RT 08, RW, 02 itu mengaku, lahan pertaniannya itu seluas kurang lebih setengah hektar.

"Kalau sekarang dibersihkan nanti ketika hujan turun mudah untuk dibajak," sergah pria berkulit legam ini.

Karji menambahkan, rencananya lahan pertaniannya itu akan ditanami padi. Hanya saja kesulitan yang sering dialami adalah kebutuhan pupuk dan obat-obat pertanian setiap memasuki musim tanam.

"Maunya nanti saya tanami padi, Pak, dan semoga kebutuhan pertanian tahun ini bisa tercukupi. Sehingga tanaman padi saya nanti bisa menghasilkan panen yang memuaskan," imbuhnya. (sam)

 

Dibaca : 1340x
FB
Ada 1 komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Selasa, 29 Oktober 2013 01:44
Eeeee..seng sabar yo lek. Gak perlu pengen kerjo nek proyek gak po2. Tekuni ae yo jadi petani iso adem asile.
slenger
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan