Senin, 25 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Petani Blok Cepu Tetap Bertani

Editor: nugroho
Senin, 15 Juli 2013
samian sasongko
TETAP BERTANI : Petani di wilayah Blok Cepu saat melintas di wilayah hutan dekat lokasi pemboran migas Blok Cepu.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Meski aktifitas proyek minyak Banyuurip, Blok Cepu yang dioperatori Mobil Cepu Limited (MCL) kian tinggi, namun tak mempengaruhi aktifitas  para petani di wilayah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Mereka tetap menggarap sawah ladangnya yang berada di sekitar sumber minyak yang konon terbesar se-Asia tersebut.

Dari pantauan, sejumlah petani ring 1 sumur minyak banyuurip setiap harinya sibuk pulang - pergi kelahan. Mereka tak menghiraukan aktifitas proyek yang berada di perkampungannya. Mulai pagi hingga menjelang sore para petani itu pulang dari tanah tegalannya.

Munasri, salah satu petani, asal Desa Mojodelik, mengatakan, menekuni pertanian adalah suatu harga mati bagi keluarganya. Karena pertanian sudah menjadi sumber penghasilan sejak dulu secara turun temurun.

"Biarpun aktifitas proyek migas Blok Cepu semakin meningkat. Tapi saya tetap menekuni pertanian saja, Pak," ungkap Munasri, Senin (15/7/2013).

Dia mengaku, keinginannya menekuni pertanian ini  dikarenakan selain terbentur usia juga tidak punya keahlihan di bidang migas. Sehingga, dengan terpaksa dia tetap menjadikan pertanian sebagai gantungan hidup keluarganya.

"Meski terkadang hasil menurun, bercocok tanam tetap saya lakukan saja. Alhamdulillah dengan bertani kebutuhan setiap hari juga tetap lancar," katanya.

Meski demikian, dengan keberadaan sumur minyak Banyuurip, Blok Cepu infrastruktur desa-desa sekitar telah banyak kemajuannya. Semisal, jalan poros desa yang semula makadam sekarang sudah pavingisasi dan beraspal.

"Dulu sebelum ada sumur migas jalan poros Gayam menuju Mojodelik sulit dilalui jika musim hujan. Tapi sekarang sudah lancar," sambung Supardi petani lain yang mengaku warga desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari tersebut.(sam)

Dibaca : 1201x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan