Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Petani Sekitar Sumber Mulai Tanam

Editor: nugraha
Kamis, 17 April 2014
SuaraBanyuurip.com/Edi
PERSIAPAN TANAM : Petani di sekitar Sumur Sumber mempersiapkan benih dan membajak sawah sebelum ditanami.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Petani yang mempunyai lahan pertanian di sekitar sumur sumber 1, di sejumlah desa di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mulai mempersiapkan diri untuk melakukan masa tanam.

Beberapa lahan pertanian di sekitar sumur sumber 1 meliputi Desa Sambonggede, Desa Sumber, Kecamatan Merakurak. Serta Desa Sekardadi dan beberapa desa lain yang sudah masuk kecamatan Desa Jenu.

Pantauan di lokasi, sejumlah petani mulai memisahkan bibit-bibit padi yang sebelumnya telah disemai. Selain itu, beberapa lahan pertanian berupa sawah juga terlihat sudah diolah. Baik itu menggunakan bajak ataupun traktor.

"Sebentar lagi juga waktunya menanam. Menunggu ini (mentraktor sawah) selesai," kata Bazar (37), salah satu petani yang dijumpai di sekitar lokasi, Kamis (17/4/2014).

Selain itu, petani yang ada di sana terlihat kompak menanam padi. Hal ini disesuaikan dengan kondisi tanah dan intensitas hujan yang masih tinggi. Mereka takut, kalau menanam tanaman lain justru akan gagal dan merugi.

"Kalau hujan gini ya padi, mau tanam apalagi? Soalnya tidak ada tanaman yang cocok lagi," kata pria yang saat itu berada di pinggir sawahnya.

Kendati demikian, mereka masih mengkhawatirkan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi. Pasalnya tanaman padi harus mendapatkan pupuk yang cukup sejak usia 2 hingga 4 minggu. Pengalaman mereka, pupuk selalu raib atau harganya meroket apabila dibutuhkan.

"Biasanya begitu, kita kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Padahal pada masa tanam ini kita sangat membutuhkan itu (pupuk)," tandasnya.(edp)

Dibaca : 732x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan