Jum'at, 18 Januari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Peternak Binaan EMCL Panen Lele

Editor: nugroho
Kamis, 23 Oktober 2014
Suarabanyuurip.com
PANEN : Peternak lele yang tergabung dalam KSM Ngarho binaaan EMCL - LSM Binaswadaya sedang memanen lele.

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro- Warga sekitar proyek Banyuurip, Blok Cepu memulai memanen hasil budidaya ikan lele, Kamis (23/10/2014). Panen tersebut merupakan salah satu bagian dari bentuk hasil kinerja masyarakat yang terwadahi dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) binaan ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL) bekerjasama dengan lembaga swadaya (LSM) Binaswadaya.

Field Public and Government Affairs Manager EMCL, Rexy Mawardijaya, menjelaskan, budidaya lele tersebut merupakan Program Kegiatan Penunjang Operasi (PKPO) untuk warga sekitar operasi EMCL yang berbasis kepada pengembangan ekonomi dengan memanfaatkan sumberdaya alam lestari.

"Selain lele, ada juga sejumlah produk hasil binaan bersama mitra. Diharapkan program tersebut terus berkelanjutan," kata Rexy kepada suarabanyuurip.com.

Dalam kegiatan yang bertajuk Kunjungan dan Pemantauan Bersama, Program Aksi Kemitraan Untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya) dilakukan di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, itu juga dihadiri sejumlah muspika Kecamatan Gayam, Kalitidu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro.

"Dalam pengelolaanya kita bentuk swadaya dan bekerjasama dengan pemerintah," tambah Rexy.

Sementara itu, Koordinator Program LSM Binaswadaya, Jupriansyah, menungkapkan, panen kali ini merupakan tahap awal. Sebagai pelaksana program, pihaknya akan terus melakukan pendampingan yang bersifat partisipatoris.

"Tahap awal ada sekitar 15 ribu lele," sambung dia.

Jupriansyah menambahkan, selain lele terdapat beberapa produk unggulan yang dapat dijadikan peluang ekonomi untuk dikembangkan melalui KSM. "Ada 20 KSM yang kita dampingi dari Bojonegoro dan Tuban," ucapnya.(roz)

Dibaca : 951x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>