Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Petugas Periksa Hewan Kurban

Editor: samian
Selasa, 22 September 2015
SuaraBanyuurip.com/Edy Purnomo
PERIKSA : Jelang hari qurban petugas periksa kesehatan sejumlah hewan.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan sejumlah lokasi penampungan hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan tidak hanya di tempat penampungan resmi milik Pemkab. Tetapi juga dilakukan ditempat-tempat milik para pedagang ternak.

"Kita lakukan pemeriksaan hewan kurban, tidak hanya di penampungan milik Pemkab Tuban tetapi juga ditempat-tempat milik para pedagang ternak," jelas Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan, Cipta Dwipriyata, kepada Suarabanyuurip.com, Selasa (22/09/2015).

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban. Sampai detik ini, tidak ditemukan penyakit serius pada ternak yang berbahaya apabila dikonsumsi.

"Tadi kita dapati ada dua kambing yang terkena penyakit mata, tetapi dalam satu dua hari penyakit itu bisa disembuhkan," kata Cipta.

Pemeriksaan akan terus dilakukan, sampai 3 hari pasca hari Raya Idul Adha. Cipta menjelaskan, ketika penyembelihan petugas juga akan mendatangi masjid-masjid yang menyembelih hewan kurban.

"Pemeriksaan kita terbatas pada kesehatan dan kelayakan hewan tersebut untuk disembelih, tetapi untuk masalah syariat kami serahkan kepada masing-masing tokoh agama atau takmir Masjid dan Musholla yang menyembelih kurban ini," tandas Cipta. (edp)

 

Dibaca : 521x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan