Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

PHER Buka Peluang Kerjasama Dengan KUD

Editor: samian
Rabu, 16 Desember 2015

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Sekitar proyek eksplorasi  Sumur Wonopotro-1 di Desa Plantungan, Kecamatan Blora Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang dikerjakan oleh Pertamina Hulu Energi Randugunting (PHER), terdapat banyak sumur tua yang memiliki potensi untuk diproduksi. Sehingga Koperasi Unit Desa (KUD) sekitar tertarik untuk melakukan pengelolaan sumur peninggalan belanda tersebut.

Keberadaan sumur tua dibenarkan oleh Kepala Desa Plantungan, Suwarjo. Menurutnya, Desa Plantungan memiliki potensi minyak yang cukup besar dari keberadaan sumur minyak tua.

“Setelah adanya eksplorasi oleh PHER, sumur tua sekitar banyak yang mengeluarkan minyak mentah dengan sendirinya,” kata dia.

"Warga sekitar juga  banyak yang bekerja di sumur tua," lanjutnya.

Ketua KUD Sumber Makmur Kecamatan Blora, Sukarno, menuturkan, pengajuan ijin telah dilakukan lebih dari tiga tahun untuk melakukan pengelolaan sumur tua di wilayah tersebut.

“Sampai sekarang belum ada persetujuan,” katanya belum lama ini.

Pihaknya berharap bisa mengelola sumur  tua  di wilayah Kerja Pertambangan (WKP) PHE Randugunting.

Namun demikian, pihaknya pernah mendapat surat penolakan dari Pertamina EP yang ditandatangani oleh Syamsu Alam.

“Ini sempat membuat kami menjadi bingung. Padahal WKP tersebut berada di WKP PHE Randugunting,” jelasnya.

Sementara itu, Iwan Rudiyanto, Act. Exploration Manager PHE Randugunting, membenarkan jika KUD Sumber Makmur telah melakukan pengajuan ijin.

Pihaknya juga masih membuka peluang untuk bekerjasama dengan KUD. Namun hal itu belum bisa disetujui oleh PHE Randugunting lantaran proyek di Plantungan masih bersatus Eksplorasi.

“Harus berubah setatus dulu menjadi Produksi. Sehingga sumur tua sekitar bisa dikelola oleh KUD secara legal,” jelasnya. (ams)

Dibaca : 325x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan