Kamis, 18 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

PLN Kembali Berlakukan Meteran Pasca Bayar

Editor: samian
Senin, 01 Oktober 2018
Ahmad Sampurno
SERING GANGGUAN : Meteran pasca bayar kembali dilakukan, namun meteran prabayar tetap dibiarkan terpasang di rumah warga.
TERKAIT:

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah  Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sejak awal bulan September lalu telah kembali memberlakukan meteran listrik pasca banyar. Kebijakan itu diambil karena seringnya terjadi gangguan untuk meteran prabayar. 

Manager PT PLN Rayon Blora, Mahfud Sungadi, menyatakan, meski pemasangan meteran pasca bayar sudah dimulai, namun meteran pra bayar atau yang mengunakan token sampai saat ini masih diberlakukan.

"Awal ini diperuntukan pengunaannya bagi pelanggan baru," ujar Mahfud Sungadi.

Dalam jangka panjang, untuk pengunaan meteran prabayar tetap akan dilakukan pergantian dengan pasca bayar. Hanya saja, itu masih dalam jangka waktu yang lama.

Sebab sampai saat ini, untuk pelanggan PLN di Rayon Blora yang mengunakan pra bayar sebanyak 44.355 penguna. Sedangkan untuk pasca bayar sebanyak 96.591 pelanggan. "Total pelanggan kami ada 140.946 sambungan," jelas pria santun ini.

Kebijakan kembali ke meteran pasca bayar karena selama ini alat meter prabayar PLN sering mengalami gangguan. Selain itu PLN juga sering kecolongan. Sebab selama ini pembayaran tidak sesuai dengan pengunaan.

Serta meteran prabayar tidak bisa selamanya digunakan. Karena setiap 15 tahun sekali PLN harus mengantinya.

‘’Mengantinyapun gratis, PLN yang menanggung,’’ tandasnya.

Meski nanti untuk meteran PLN mengunakan meteran manual, bukan berarti meteran pasca bayar yang baru ini akan sama dengan meteran yang lama. Kalau model lama, didalamnya terdapat ring yang memutar jika meteran berjalan.

"Tapi yang baru ini bukan ring memutar tapi terdapat lampu yang berkedip-kedip," pungkas pria humanis.

Terpisah, Manager PT PLN Rayon Cepu, M. Alwi Sofian mengatakan, untuk Rayon Cepu  juga mulai menerapkan meteran pasca bayar sejak September. Sama halnya dengan Rayon Blora, untuk pengunaan pasca bayar diterapkan pada pelanggan baru.

"Beberapa pelanggan baru sudah mulai memasang," ujarnya.

Untuk PT PLN Rayon Cepu, saat ini terdapat 107.000 pelanggan, terdiri 34.518 pengguna meteran prabayar dan 72.492 pelanggan dengan model meteran pasca bayar.

"Adanya kebijakan pemasangan kembali meteran pasca bayar oleh PLN saat ini mulai disosialisasikan kepada masyarakat," imbuh Alwi sapaan akrabnya.(Ams)

Dibaca : 46647x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan