Sabtu, 20 Juli 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Rumah Sakit Migas Cagar Budaya Jateng

PPSDM Migas Bantah Penghilangan Cagar Budaya

Editor: rozaqy
Selasa, 02 Juli 2019
Suarabanyuurip.com/Ahmad Sampurn
DIBONGKAR : Rumah Sakit Migas yang Diklaim jadi Cagar Budaya

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pihak Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) membantah adanya tudingan penghilangan cagar budaya berupa bangunan Rumah Sakit. Bahkan, mengaku tidak tahu menahu.

"Kami tidak pernah diberi info bahwa itu masuk cagar budaya. Seharusnya, kalau itu masuk cagar budaya kami diajak ngobrol," kata Arisona Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum PPSDM Migas, Selasa (2/7/2019).

Arisona menyatakan seharusnya ada pembicaraan dengan pihak PPSDM terkait hal itu. Termasuk bagaimana ketentuan dan penilaiannya.

"Tiba-tiba muncul sebagai cagar budaya," ujuarnya usai rapat di Dinas Perijinan Blora. 

Dia justru bertanya-tanya, pihak mana yang telah mengusulkan bangunan Rumah Sakit Migas itu masuk cagar budaya. 

"Kalau pun ada Benda Cagar Budaya, jadi tertentu saja. Tidak dilakukan secara total. Hanya renovasi saja," tandasnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).Sebab, apabila benar, cagar budaya itu memungkinkan dibagun. Supaya lebih bermanfaat dan terurus.

"Misalkan ada cagar budaya, ini ditinggal sebagai identitas saja," tandasnya. 

Disatu sisi, lanjut dia, saat ini pembangunan rumah sakit sedang berjalan. Sebab, masyarakat juga membutuhkan pelayanan kesehatan. Dia menargetkan pembangunan terselesaikan antara bulan Oktober atau november.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa penghancuran bangunan dan penghapusan asset tidak ada persoalan.

"Itu bangunan tahun 1994 yang kami hapuskan," ujar Arisona. 

Diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Migas di Jalan Diponegoro Nomor 9 Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah, milik Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas), masuk dalam daftar cagar budaya di Jawa Tengah. 

Ketua Forum Peduli Sejarah Budaya Blora (FPSBB) Lukman Wijayanto mengklaim rumah sakit yang saat ini dalam tahap pembangunan untuk diaktifkan kembali tersebut, telah terdata dalam catatan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Balai Pelestarian Paninggalan Purbaka (BP3) Jawa Tengah. Sekarang menjadi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Di dalam surat keterangan Benda Cagar Budaya Nomor 1399/101.SP/BP3/P-VI/2010, ditandatangani oleh Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3), Tri Hatmaji tertangal 9 Juni 2010 di Klaten. Situs Rumah sakit Migas Cepu bernomor registrasi Inventarisasi 11-16/Blo/21/TB/03, dengan Justifikasi Bangunan berarsitektur kolonial dengan ciri-ciri khas tembok tebal, jendela dan pintu besar, bangunan ini dibangun kurang lebih awal abad XX. 

Berdasarkan hasil penelitian situs ini, dinyatakan sebagai tinggalan purbakala yang dilindungi oleh Undang-Undang RI Nomor 5 tahun 1992 tentang Benda cagar Budaya dan telah terdaftar di kantor BP3 Jawa Tengah. 

Lukman, menjelaskan, di dalam area rumah sakit tersebut tidak hanya satu bangunan.

"Satu alamat itu sudah terinventarisir sebagai cagar budaya," kata dia. (ams).

 

Dibaca : 268x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan