Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Produk Tak Berlabel Segera Ditarik

Editor: samian
Jum'at, 18 Desember 2015

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Banyaknya produk makanan tak berlabel di pasaran, membuat geram tim Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Menindaklanjuti hal tersebut pihaknya berencana menarik produk kadaluwarsa tersebut dari wilayah peredarannya.

“Sebelum penarikan produk, pedagang akan dibina terlebih dahulu,” kata Kabid Perdagangan Disperpar Tuban, Bhismo Setya Adji, kepada Suarabanyuurip.com.

Hasil Sidak bersama tim gabungan Polres, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan Tuban, menemukan banyak produk kadaluwarsa dan tidak berlabel. Beberapa produk tersebut diantaranya jenis saus, bumbu masak cepat saji, kue kering, dan beberapa snack makanan anak-anak.

Produk kadaluwarsa tersebut ditemukan merata di Pasar Baru Tuban, pertokoan snack di Jalan AKBP Suroko Tuban, Swalayan besar Tuban, dan beberapa indomart setempat.

“Disperpar segera bersinergi dengan Polres untuk penarikannya,” imbuhnya.

Tim akan mengawasi peredaran produk tersebut secara ketat, sehingga masyarakat selaku konsumen dapat terlindungi. Selain itu, pihaknya juga mengontrol harga Sembako menjelang Natal dan Tahun Baru Masehi.

Sesuai Undang-Undang (UU) Perlindungan konsumen, nomor 8 tahun 1999, bahwasanya konsumen harus dijamin keamanan, dan kesehatannya secara hukum.

“Kami minta pedagang bersinergi untuk melindungi konsumen,” jelasnya.

Pihaknya berharap, masyarakat sebelum membeli produk, untuk rajin mengecek tanggal kemasannya. Upaya tersebut untuk memastikan bahwa makanan atau minuman yang dibeli aman untuk dikonsumsi.

“Harus dipastikan terlebih dahulu tanggal kemasannya,” sarannya. (Aim)

Dibaca : 491x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan