Promosikan Wisata Migas Kedungpupur Lewat Kejuaraan Catur

Sabtu, 07 September 2019, Dibaca : 208 x Editor : samian

Ahmad Sampurno
Penggagas kejuaraan catur Kedungpupur Cup, Ir Siswanto.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Kejuaran Catur menjadi salah satu media untuk mempromosikan potensi wisata di kawasan sumur minyak tua Desa Ledok, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Mengingat, Wana Wisata Migas Kedungpupur menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Blora.

Event yang akan berjalan adalah, kejuaraan catur terbuka tingkat nasional yang pertama kali. Yang selanjutnya akan selalu dilaksanakan setiap tahun.

Baca Lainnya :

    Menurut penggagas kejuaraan catur, Ir Siswanto, menyampaikan, bahwa kejuaraan catur terbuka itu sengaja dilaksanakan di kawasan wisata. Tujuannya untuk menarik para wisatawan yang berkunjung. Keberadaan sumur minyak peninggalan kolonial belanda, menurutnya, menjadi daya tarik tersendiri.

    "Supaya nanti banyak yang berkunjung di sini dan berdampak pada perekonomian masyarakat," tandasnya.

    Baca Lainnya :

      Pria bertempat tinggal di Desa Ledok ini, melanjutkan, kejuaraan catur akan dibuka dan dilaksanakan pada hari Minggu (8/9/2019).

      “Sehari langsung selesai. Karena kami memakai sistem swiss,” ujarnya.

      Sementara, untuk pendaftar sudah masuk sebanyak 72 orang peserta dari berbagai wilayah. Diantaranya, Kudus, Demak, Semarang Jawa Tengah. Lalu dari Kabupaten Bojonegoro, Surabaya, Jawa Timur.

      “Target kami lebih dari 100 peserta. Rencananya juga ada Master yang ikut dari Jakarta,” ungkapnya, kepada Suarabanyuurip.com, Sabtu (7/9/2019).

      Terpisah, ketua Percasi Blora, Siswanto,  menyampaikan, dilaksanakannya event kejuaraan catur ini sangat baik. Menyusul catur Blora bangkit sejak 2017. Kedungpupur Cup yang diprakarsai Pak Siswanto itu ada dua makna. Pertama promosi wisata Kedungpupur sebagai destinasi wisata. Kedua optimalisasi prestasi catur level senior dengan dihadiri atlet luar Blora.

      "Dengan demikian, pecatur Blora bisa ukur diri dan kemampuan di arena tersebut," tandasnya.

      Dia menanbahkan, atlet Blora adalah pemegang perunggu atau juara ketiga Kejuaraan Provinsi Catur untuk kategori SD dan SMP tingkat Jawa Tengah.

      "Selama tiga tahun ini, Blora stabil di peringkat ketiga untuk kategori junior. Bahkan pernah juara 1 kategori SD pada Kejuaraan Provinsi Jateng 2017," ucapnya.(ams)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more