Selasa, 11 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

PT SER Mundur, Pemkab Belum Cari Pengganti

Editor: samian
Rabu, 08 November 2017
Ririn Wedia
Bupati Bojonegoro, Suyoto.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro – Dalam penyertaan modal atau participating interest (PI) lapangan gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB), PT Surya Energi Raya (SER) tak akan lagi menjadi mitra Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti yang telah dijalin dalam pengelolaan PI di lapangan Banyuurip, Blok Cepu bersama PT Asri Dharma Sejahtera (ADS).

Meskipun secara resmi belum mengundurkan diri. Namun Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, telah mendapat kepastian hal tersebut langsung dengan pimpinan PT SER.

"Belum ada surat resmi pengunduran diri menjadi mitra, tapi saya sudah bicara dengan pimpinannya langsung," ujar Bupati Suyoto, kepada Suarabanyuurip.com, Rabu (8/11/2017).

PT SER diketahui menjadi mitra BUMD PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) dalam pengelolaan PI di Lapangan Banyuurip. Dengan pembagian keuntungan PT SER sebesar 75 persen, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sebesar 25 persen.

Seiring adanya akuisisi kepemilikan saham yang semula bersama operator Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan kini sepenuhnya menjadi Pertamina EP Cepu (PEPC), maka skema PI ikut berubah.

"Kita belum ada pengganti PT SER, tapi sudah saya sampaikan kepada Dirut PT ADS," imbuhnya.

Belum ada langkah yang diambil Pemkab Bojonegoro, karena masih menunggu kepastian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait aturan PI. Apakah masih menggunakan aturan lama dengan permodalan diserahkan sepenuhnya pada Pemkab atau menggunakan aturan baru dengan skema Golden Share atau pembagian keuntungan tanpa harus menyetor modal.

Sementara itu, sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan PI 10 persen pada wilayah kerja minyak dan gas bumi.(rien)



-

 

 

Dibaca : 880x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>