Rabu, 26 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Puting Beliung Ancam Wilayah Tuban

Editor: nugroho
Rabu, 13 November 2013

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menghimbau agar warga di wilayah setempat mewaspadai ancaman puting beliung. Sebab ancaman puting beliung di Tuban diprediksi terjadi mulai pertengahan Nopember hingga awal Desember mendatang.

Menurut perkiraan Badan Metreologi, Krematologi dan Geofisika (BMKG), saat ini hingga bulan Desember mendatang akan terjadi pergantian musim. Dimana masa ini juga menjadi masa peralihan dari kemarau ke penghujan dengan intensitas yang rendah.

"Biasanya masa ini diikuti dengan fenomena angin kencang dan puting beliung," kata Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiyono kepada suarabanyuurip, Rabu (13/11/2013).

Ancaman puting beliung ini, rawan terjadi di wilayah perbukitan kapur yang berada di bagian sisi selatan Kabupaten Tuban. Diantaranya meliputi beberapa wilayah Kecamatan Grabagan, Kecamatan Montong, Kecamatan Parengan, Kecamatan Kerek, Kecamatan Semanding dan Kecamatan Merakurak.

"Musim hujan adalah angin kencang. Angin ini biasanya bertiup dari utara ke selatan dan akan menghantam dinding pegunungan sehingga menjadikan angin memantul dan memutar ke utara. Hal inilah yang menjadikan puting beliung terjadi diewilayah tersebut," kata Joko, menerangkan.

Selanjutnya, Joko mengatakan, intensitas hujam deras diperkirakan terjadi pada bulan Januari hingga Maret 2014 mendatang. Beberapa wilayah di Tuban juga akan diguyur hujan deras. Karena itu masyarakat dihimbau untuk mewaspadai pohon tua yang ada, karena sangat berpotensi untuk roboh dan menimbulkan bencana.

"Surat peringatan dini sudah kami sampaikan kemasing-masing kecamatan sejak akhir Oktober kemarin. Kami minta tanggap potensi bencana dan segera melapor, supaya bisa mengurangi resiko bencana," imbuh Joko.(edp)

 

Dibaca : 994x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan