Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Rantai Bandeng Lele Juari Lomba Desain Batik Lamongan

Editor: nugroho
Kamis, 09 April 2015
totok martono
NILAI : Ketua Dekranasda Lamongan, Mahdumah Fadeli, melihat batik khas di omba desain batik.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan- Motif Bandeng, Lele dan Bunga Melati masih mendominasi lomba desain Batik Lamongan, Jawa Timur, tahun ke empat. Desain batik yang berhasil menjadi juara dalam lomba ini akan dijadikan seragam batik pelajar oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan, Mahdumah Fadeli.

Sampai dengan tahun keempat penyelenggaraan, telah terkumpul sebanyak 467 motif batik yang berbeda. Di tahun ini, ada 139 motif batik yang diikutkan lomba. Sedangkan tahun lalu ada 140 motif.

Dalam Lomba dan Seminar Batik Lamongan yang dilangsungkan di Pendopo Lokatantra tersebut, Juara pertama di kategori umum adalah Alismawati dari Sendangagung Kecamatan Paciran dengan judul Rantai Bandeng Lele.

Sedangkan Juara kedua diraih Imsaroh dari Desa Sendangagung/Paciran dengan judul Taman Melati, Juara ketiga oleh Hj. Siti Umaroh dari Sendangduwur dengan judul Melati dan Bandeng Lele.

Penjurian sendiri dilakukan sehari sebelumnya oleh Mahdumah Fadeli bersama Dosen Seni Rupa Universitas Negeri Suarabaya (Unesa) Vera Retyaningrum dan dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta Harnandito.

“Saya berharap dengan diadakannya lomba serta seminar batik seperti ini akan memacu karya batik Lamongan terus berinovasi. Insyaallah batik pemenang lomba akan dijadikan seragam batik pelajar di Kabupaten Lamongan”, kata Mahdumah Fadeli, di Pendopo Lokatantra.

Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Lamongan, Gunadi, menyebutkan Lomba Batik Lamongan tahun  ini diikuti 61 peserta dengan 139 karya dari kategori umum. Sedangkan di kategori pelajar diikuti 177 orang siswa, yang terdiri dari 100 pelajar SMP dan 77 pelajar SMA. (tok)

Dibaca : 779x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan