Selasa, 21 Agustus 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Relawan Demokrasi dapat Pembekalan

Editor: nugraha
Jum'at, 20 Desember 2013
SuaraBanyuurip.com
ilustrasi

SuaraBanyuurip.com - Jarwati

Bojonegoro - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memberikan pembekalan kepada lima belas Relawan Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR, DPD, dan DPRD tahun 2014 di aula setempat, Kamis (19/12/2013.

Pembekalan itu menghadirkan lima nara sumber dari anggota KPU Kabupaten Bojonegoro. Yaitu Mundzar Fahman Ketua KPU, Masjkur, M Addim Munib, H Setyo Wahono, dan Musta'ana.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Mundzar Fahman, menjelaskan, kalau Relawan Demokrasi merupakan program dari KPU Pusat untuk membantu meningkatkan partisipai Pemilu tahun 2014. Sehingga KPU Kabupaten Bojonegoro memberikan pembekalan kepada Relawan Demokrasi sebelum terjun langsung di masyarakat pada bulan Januari 2014.

"Tujuan adanya Relawan Demokrasi agar meningkatkan kwalitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses Demokrasi," kata Mundzar, menjelaskan.

Dia berharap, dengan adanya Relawan Demokrasi ini mampu membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi. Sebab tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Bojonegoro dalam Pemilu semakin menurun.

"Kami melihat dari persentase tingkat partisipasi dalam Pemilu Legislatif tahun 2009 sejumlah 74%, Pemilu Presiden tahun 2009 73%, Pilkada tahun2012 71%, dan Pilgub tahun 2013 tinggal 59,01%," papar Mundzar.

Ditambahkan, sistem kerja Relawan Demokrasi itu akan dibagi menjadi lima segmen.

"Nanti ada Relawan Demokrasi dibidang Pemilih Pemula, Keagamaan, Perempuan, Penyandang Disabilitas (cacat), dan Pinggiran," tuturnya.

Sementara dalam pembekalan tersebut disampaikan beberapa materi, mulai dari pengertian Pemilu, pengertian Domokrasi, Kode Etik Relawan Demokrasi, Pemilihan DPR, DPD, dan DPRD di Kabupaten Bojonegoro, dan lain-lain. (ati)

Dibaca : 1033x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan