Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Remen Juara 1 Lomba Desa Siaga Aktif

Editor: samian
Sabtu, 10 November 2018
Ali Imron
Salinan pengumuman juara lomba desa aktif di Kabupaten Tuban yang diterima suarabanyuurip.com.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban- Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, atau desa ring 1 industri meraih juara 1 dalam lomba desa siaga aktif tahun 2018.

Faktor penting yang menentukan yaitu desa sudah Open Defecation Free (ODF). Dimana suatu kondisi desa sudah bebas dari buang air besar sembarangan.

"Alhamdulillah desa ring I industri juara I," ujar Camat Jenu, Moh. Reza Maftuchin, kepada suarabanyuurip.com, melalui pesan WhatsApp, Jumat (9/11/2018).

Reza sapaan akrabnya, menjelaskan, ada enam desa yang menjadi juara dalam lomba ini. Desa Remen, Kecamatan Jenu (juara I), Desa Tergambang, Kecamatan Bancar (juara II), Karangtinoto, Kecamatan Rengel (juara III), Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang (juara harapan I), Desa Plajan, Kecamatan Tambakboyo (juara harapan II), Desa Ngawun, Kecamatan Parengan (juara harapan III).

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinkes Tuban Windu Budiati, menambahkan, keenam desa tersebut masuk dalam strata Purnama.

Dalam verifikasi lapangan, ada beberapa poin yang mempengaruhi penilaian, di antaranya pemberdayaan masyarakat sekitar, peran dari pemerintah desa, penganggaran dana desa, cakupan dan keaktifan program desa, serta partisipasi masyarakat setempat dalam mewujudkan desa siaga aktif.

"Keenam desa yang mendapat juara akan menerima hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan," sambungnya.

Lebih dari itu, keenam desa diharapkan menjadi contoh desa siaga aktif bagi desa lainnya yang ada di Bumi Wali. Misalkan nanti ada pertemuan, desa tersebut bisa menjadi contoh desa siaga aktif.

"Kemudian dapat direplikasi kepada desa siaga aktif yang telah dilaksanakan sebelumnya,” ucapnya.

Desa siaga aktif nantinya juga dipersiapkan apabila memang terdapat lomba tingkat provinsi. Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikannya karena masih menunggu informasi dari Dinkes Provinsi Jawa Timur.

"Semoga desa lainnya termotivasi untuk mengaktifkan desa siaga masing-masing," harapnya.

Diketahui, Desa Remen merupakan desa sekitar industri besar, meliputi Kilang Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI), Terminal BBM (TBBM) Tuban, dan menjadi bakal lokasi pengembangan Kilang minyak NGRR Tuban,  patungan Pertamina-Rosneft Rusia.(Aim)

Dibaca : 385x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan