Kamis, 23 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

SD Tak Lagi Diminati Warga

Editor: samian
Selasa, 15 September 2015

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan - Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa-Timur dipredisi sepuluh tahun kedepan hanya tinggal kenangan. Hal ini, banyaknya gedung sekolah SDN yang ditutup akibat dari terus menurunya jumlah siswa setiap tahunnya.

Setiap tahun pelajaran baru jumlah siswa yang masuk di SDN terus menurun. Orang tua lebih suka memasukkan putra-putrinya ke sekolah Madrasah Ibtidaiah (MI). Pertimbangannya, di MI mendapatkan pendidikan plus bidang keagamaan. Kondisi ini terjadi menyeluruh di 23 desa di Kecamatan Sekaran.

"Sekolah MI lebih disukai warga dibanding SD, karena di MI lebih ditekankan pendidikan keagamaan. Berbeda dengan SD yang hanya pelajaran umum," kata salah satu warga Titik Sumiyati kepada SuaraBanyuurip.com Selasa (15/9/2015).

Ibu tiga anak ini mengaku, semua anaknya bersekolah di MI. Meski sekolah swasta, salah satunya adalah MI jauh lebih maju dari SD.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Sekaran, Wasis, membenarkan jika jumlah peserta didik SDN di Kecamatan Sekaran terus menurun dari tahun ketahun. Minimnya jumlah siswa maka beberapa sekolah SDN terpaksa di merger (Gabung) jadi satu.

"Hampir setiap tahun ada SDN yang dimerger, karena jumlah siswa yang minim," katanya.

Pada tahun 2014, dua sekolah yaitu SDN Bulutenggger I dan SDN Bulutengger II dimerger menjadi SDN Bulutengger. Tahun 2015 ini SDN Sekaran I dan SDN Sekaran II juga dimerger menjadi SDN Sekaran.

Di Kecamatan Sekaran terdapat 22 SDN. Disetiap sekolah hanya memiliki 25-35 siswa dari kelas 1-6. Ironisnya pada penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2015/2016 setiap sekolah hanya mendapatkan siswa 3-7 anak.

Agar jumlah siswa tidak terus menyusut berbagai upaya telah dilakukan Wasis. Diantaranya meminta Kepala Sekolah (Kasek), dan guru untuk gencar mengajak warga agar menyekolahkan anaknya di SDN. (tok)

 

Dibaca : 625x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan