Minggu, 23 November 2014
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Seismik Blok Nona Capai 80 %

Editor: nugroho
Rabu, 28 November 2012

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro – Survei seismik Blok Nona yang dilakukan PT.Pertamina Eksploirasi dan Produksi (EP) selama hampir tiga bulan sudah mencapai 80 persen. Seismik itu dilakukan di tiga kabupaten meliputi Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Mojokerto, dan Jombang, Jawa Timur.

"Tapi itu masih sebagian.Yang jelas progresnya kita nilai telah mencapai 80 %," kata Manager Humas Pertamina EP, Agus Ampriyanto kepada Suara Banyu Urip (SBU) Selasa (27/11/2012).

Menurut Agus, penilaian itu didasarkan dari hasil kegiatan yang telah dilakukan disemua wilayah operasi Blok Nona yang diantaranya meliputi lima kabupaten. Tidak hanya itu, dia mengaku juga telah melakukan sosialisasi, perizinan, dan pemberian ganti untung atas lahan warga yang terimbas proyek energi ini.

"Belum lama ini juga sudah kita lakukan seismik di Mojokerto dan Jombang,"ucap dia.

Mengenai metode seismik yang digunakan, Agus menjelaskan dengan menggunakan dua dimensi (2D) dan 3D. "Tergantung lapanganya, kalau ingin tahu lebih detail ya kita gunakan 3D agar tahu lempengan yang berpotensi ada sumber migasnya," papar Agus menerangkan.

Hanya saja, terkait jumlah berapa kandungan di Blok Nona, dia mengaku belum mengetahui. Sebab, masih harus akan diverivikasi lagi. "Belum tahu hasilnya, ini masih akan kita evaluasi lagi setelah mendapat hasil data dari seismik. Kita lakukan secara bertahap," pungkas dia.

Untuk diketahui, khusus di Bojonegoro, sedikitnya ada tujuh kecamatan yang masuk Blok Nona. Tepatnya diselatan Bojonegoro, mulai Kecamatan Kedungadem, Temayang, Sugihwaras, Kepohbaru, Gondang, Baureno dan Sumberrejo. Dengan adanya Blok Nona, menambah deretan potensi migas di Bojonegoro. Selain Blok Cepu yang dikelola Mobil Cepu Limited (MCL), Blok Tuban oleh Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ), dan Blok Gundih oleh Pertamina EP Cepu.(roz/suko)

Dibaca : 552x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>