Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Semarak Kemerdekaan di Sugiharjo

Editor: nugroho
Sabtu, 29 Agustus 2015
edy purnomo
MERIAH : Salah satu peserta karnaval memanggul tumpeng raksasa mengelilingi ruas jalan Desa Sugiharjo.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Gaung peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 70 masih terlihat sampai di peghujung Agustus 2015 ini. Seperti pawai budaya di Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Sabtu (29/08/2015), siang tadi.

Pantauan di lokasi, ada belasan Rukun Warga (RW) dan instansi yang ada di desa setempat  ikut memeriahkan karnaval. Para peserta beradu tema, mulai dari tema tradisional sampai dengan tema-tema modern untuk merebut perhatian masyarakat.

Banyak juga yang mengusung tema-tema perjuangan lengkap dengan teatrikal perjuangan pahlawan ketika memanggul senjata. Sembari menyusuri jalan-jalan desa setempat para peserta berinteraksi dengan masyarakat.

“Temanya asik, baru dua tahun ini di Desa Sugiharjo bikin karnaval,” kata Rudi (18), salah satu penonton kepada Suarabanyuurip.com.

Kepala Desa Sugiharjo, Karso, menjelaskan karnaval dilakukan sebagai sarana hiburan masyarakat, sekaligus upaya untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang nilai-nilai kemerdekaan.

“Utamanya kepada generasi muda, Pemerintah Desa berharap karnaval ini bisa mengingatkan mereka untuk mengisi kemerdekaan selanjutnya,” kata Karso.

Dia menjelaskan, karnaval yang digelar juga sebagai ajang masyarakat untuk merekatkan kembali nilai gotong royong. Seperti diketahui, semakin lama nilai gotong royong masyarakat semakin menipis.

“Masyarakat saling bekerjasama untuk karnaval ini, mempersiapkan tema untuk lingkungannya, dan saya rasa ini bagus untuk merekatkan kembali nilai gotong royong,” tandas Karso.(edp)

Dibaca : 922x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan