Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Semen Gresik Launching Program Unggulan CSR 2017

Editor: samian
Rabu, 23 Agustus 2017
Ali Imron
TANGGUNGJAWAB SOSIAL : Dirut Semen Gresik menyerahkan bantuan ribuan semen ke perwakilan warga sekitar pabrik.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - PT Semen Gresik sebagai salah satu pemimpin pasar di industri semen nasional terus berupaya melakukan inovasi di berbagai bidang, termasuk inovasi dalam pengelolaan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Bertepatan dengan bulan Kemerdekaan RI ke-72, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek melaunching program unggulan CSR yang disaksikan langsung Bupati Tuban, Fathul Huda.

"Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (community development) menjadi salah satu fokus pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan," ujar Direktur Utama Semen Gresik, Gatot Kustyadji, kepada suarabanyuurip.com di auditorium pabrik Tuban, Rabu (23/8/2017).

Bagi Semen Gresik, komitmen untuk terus meningkatkan program pengembangan masyarakat adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi. Sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang di tengah masyarakat Tuban, perusahaan berharap untuk dapat terlibat penuh dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hal ini merupakan ikhtiar perusahaan sebagai bagian dari agen pembangunan bangsa, yang unggul atau good corporate citizenship. Dalam menjalankan program pengembangan masyarakat, Semen Gresik sepenuhnya merangkai CSR bukan hanya berkaitan dengan aktivitas sosial yang parsial, tapi menjadi satu kesatuan terintegrasi yang saling menopang dan mendukung license to operate masyarakat dalam operasional perusahaan.

"Yang paling utama program pengembangan selalu direncanakan dan dilaksanakan dalam konsep yang berbasis pada potensi sumber daya lokal," imbuh Gatot.

Beberapa program CSR unggulan PT Semen Gresik Tahun 2017 yang akan disalurkan meliputi, bantuan Forum Masyarakat Kokoh (FMK) senilai Rp 7,25 Miliar di 26 desa dan 3 kecamatan. Fokus pada program-program pemberdayaan masyarakat dan mendorong kemitraan, serta keterlibatan bersama segenap pemangku kepentingan dalam pelaksanaannya.

Bantuan sapi Qurban memperingati Idul Adha 1438 Hijriyah. Tahun ini Semen Gresik menyalurkan 34 ekor sapi qurban kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Tuban. Bantuan tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban, DRPD Tuban, Masjid Agung Tuban, 26 desa sekitar perusahaan, Panitia Idul Qurban Semen Gresik, dan lembaga-lembaga lainnya yaitu senilai Rp 903.500.000.

Bantuan bedah rumah tak layak huni, dalam upaya mendukung program pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah Kabupaten Tuban. Tak pelak, Semen Gresik berkomitmen membedah 40 rumah senilai total Rp 1,8 miliar.

Bantuan bedah rumah tersebut akan diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera di area pengembangan perusahaan maupun di seluruh area Kabupaten Tuban. Diharapkan semakin banyak masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memiliki akses terhadap tempat tinggal yang layak huni. Pada akhirnya mampu mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Bantuan pendampingan petani greenbelt, hingga tahun 2017 total petani greenbelt yang mengelola lahan perusahaan adalah sebanyak 328 orang. Mereka terbagi dalam 20 kelompok petani dari desa-desa terdekat.

"Bantuan nantinya akan meliputi program peningkatan kompetensi petani, bantuan bibit & pupuk, sarana penunjang, serta pendampingan intensif oleh tenaga ahli yang berkompeten," jelasnya.

Ditegaskan pula, seluruh program CSR unggulan PT Semen Gresik telah direncanakan, dan dilaksanakan dengan berbasis pada pemberdayaan sumber daya lokal. Hal ini untuk memastikan terciptanya pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

Melalui kontribusi CSR Semen Gresik yang senantiasa meningkat setiap tahunnya yaitu Rp22 Miliar pada 2014, Rp24 Miliar pada 2015, dan Rp25 Miliar pada 2016, menunjukkan posisi strategis community development dalam memastikan keberhasilan bisnis Semen Gresik. Sekaligus tetap berpadu dengan kepentingan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

Bupati Tuban, Fathul Huda, dalam kesempatan yang sama terus mendorong BUMN di Tuban bersinergi dengan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Persoalan yang dihadapai pemerintah, juga harus menjadi pekerjaan rumah industri.

"Tanpa bersinergi setiap program jelas tidak akan tepat sasaran," pungkasnya.

Dalam acara tersebut, hadir pula seluruh Forkopimcam Kerek, Merakurak, dan Jenu. Sekaligus perwakilan warga dari 26 desa sekitar pabrik.(Aim)

Dibaca : 278x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan