Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Semen Indonesia Berdayakan Tiga OMS Karanglo

Editor: nugroho
Selasa, 04 Desember 2018
Ali Imron
SIMBOLIS : Perwakilan Semen Indonesia menyerahkan bantuan dana CSR kepada perwakilan OMS Desa Karanglo.

SuaraBanyuurip.com Ali Imron

Tuban- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG) tahun 2018 berkomitmen memberdayakan tiga Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) dan Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Realisasi dana program pemberdayaan CSR sebesar Rp250.000.000 diserahterimakan di balai desa setempat, Senin (3/12/2018) malam.

"Acara seremoni ini menindaklanjuti tahapan selama hampir delapan bulan terkait kegiatan FMK, dengan beberapa proposal yang telah masuk dengan verifikasi tahap awal sampai akhir," ujar Koordinator FMK Karanglo Berkah Sejahtera, Suntari, kepada suarabanyuurip.com

Suntari menjelaskan, dana CSR pada tahun 2018 di Desa Karanglo digunakan untuk pemberdayaan FMK sebesar Rp25.000.000, pembangunan tempat parkir dan rumah bermain anak TK Chandra Kirana Rp51.119.000 OMS dari PKK. Pembangunan ruang kelas baru KB Mutiara Hati Rp99.000.000 dari OMS LPMD. Pembangunan kamar mandi dan rehab kantor Kepala KB Mutiara Hati Rp74.881.000 dari OMS BUMDes. 

"Dana sudah cair dan segera program dijalankan," ucapnya. 

FMK harapkan kegiatan ini dilaksanakan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) sesuai petunjuk yang berlaku, supaya hasilnya maksimal. Tahun berikutnya CSR diharapkan lebih menyentuh masyarakat lebih luas. 

Kades Karanglo, Sunandar, mengucapkan terimakasih kepada PT SI, karena sudah mewujudkan program peduli lingkungan berupa CSR 2018 walaupun agak terlambat. 

Sekalipun desa sudah dapat DD dan ADD atau bagi hasil yang mungkin nilainya pantas karena tahun 2018 ini total 1,3 Miliar, tapi beberapa kegiatan dicover oembangunananya oleh DD dan ADD. Harapan Pemdes Karanglo supaya ada peningkatan bantuan CSR yang sudah berjalan. 

Nominal 250.000.000 untuk tahun 2019 bisa dipertahakan. Disamping bantuan lainnya yang diberikan perusahaan, sehingga kegiatan yang tidak bisa didanai DD dan ADD bisa dicover CSR. 

Setelah nanti pembangunan dilaksanakan, petinggi desa ring 1 semen BUMN memohon dari pendamping untuk mendampingi FMK. Untuk masing-masing TPK RKB, TPK rehab kantor, dan TPK rumah bermain juga dimohon terus koordinator dengan FMK. 

Terkait dengan pelaporan, Sunandar memohon dari pendamping sekiranya menjelaskan pelaporan yang harus dilaporkan ke PT SI itu seperti apa. Yang pasti form pelaporannya beda dengan di pemdes. Berkali-kali tidak apa-apa, yang penting satu laporan diterima oleh perusahaan. 

"Ketika kegiatan itu dilaksanakan oleh masyarakat, maka masyarakat itu sendiri yang akan memenuhi kebutuhannya sendiri," tuturnya. 

Secepatnya TPK melaksanakan kegiatan. Kalau dihitung periodesasi satu bulan minus empat hari. Mari dikerjakan dengan cepat dan hasilnya baik sesuai harapan. 

Perwakilan PT SI, Arif Ruliantoro staf CSR area Tuban Merakurak, mengucapkan selamat kepada OMS Karanglo atas diterimanaya realisasi P2M-SG dari PT Semen Indonesia. Ucapkan terimakasih disampaikan kepada semua pihak yang telah mengawal program ini. Semoga dalam pelaksanaanya berjalan sukses, bermanfaat, dan barokah bagi semua. 

"Laporan harus tetap ada karena PT SI juga diaudit oleh negara," tambahnya. 

Perlu diketahui, dari 26 desa yang mengirimkan usulan, jumlahnya ada 204 proposal. Proposal yang lolos verifikasi ada 190, rinciannya 114 usulan pemberdayaan dan 76 infrastruktur. 

Adapun yang tidak lolos ada 14 proposal, karena setelah diverifikasi sudah didanai Dana Desa (DD). Dilihat dari usulan programnya juga tidak mungkin masuk P2M-SG, karena ada yang mengusulkan keranda mayat, pagar makam, dan tempat pemandian mayat. Pertimbangan proposal itu tidak lolos karena tidak ada unsur pemberdayaan ke masyarakat sekitar. 

Untuk total anggaran program ini Rp7,25 Miliar, dibagi pemberdayaan Rp1,6 Miliar, fisik Rp4,09 Miliar dan FMK Rp650 juta. (aim)

Dibaca : 217x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan