Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Semen Indonesia Dorong Kemandirian Warga Kasiman

Editor: samian
Kamis, 29 November 2018
Ali Imron
SIMBOLIS : Serah terima program CSR Semen Indonesia disaksikan seluruh elemen masyarakat Desa Kasiman, Kecamatan Kerek, Tuban.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mendorong kemandirian masyarakat Desa Kasiman, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG). Sedikitnya ada enam Organisasi Masyarakat (OMS) yang diberdayakan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2018 sebesar Rp250 juta.

"Setelah melalui proses dan tahapan panjang, hari ini tibalah kita memulai program dari Semen Indonesia," ujar Koordinator FMK Sejahtera Desa Kasiman, Masidi, kepada suarabanyuurip.com, disela- sela ceremony program realisasi dana CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di balai desa setempat, Kamis (29/11/2018).

Masidi menjelaskan, enam proposal yang diusulkan OMS bukan tiba-tiba melainkan melalui banyak tahapan. Ada proses verifikasi dan perbaikan sampai tahapan realisasi dana CSR.

Tahun ini PT Semen Indonesia mengalirkan dana CSR Rp250 juta. Tujuannya agar dana bisa diserap dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kasiman. Oleh karena itu, FMK berkewajiban dan bertanggung jawab mensosialisasikan program tersebut.

Adapun rincian OMS yang menerima dana CSR tahun ini, mulai FMK mendapat Rp.25.000.000 untuk pemberdayaan FMK, Yayasan MI Al-Hidayah mendapatkan Rp93 juta untuk pembangunan pondasi dan lantai MI Al Hidayah. PKK sebesar Rp57 juta untuk pembangunan dinding MI Al Hidayah, dan OMS LPMD mendapat Rp35 juta untuk pembangunan atap MI Al Hidayah.

Takmir Masjid Al Hasanah mendapatkan Rp30 juta, untuk pembangunan lanjutan pemasangan granite masjid Al-Hasanah. Terakhir OMS Gapoktan Sumber Agung mendapat Rp10 juta, untuk pengembangan usaha pupuk.

"Tiga OMS berkolaborasi membangun satu gedung untuk membangun MI Al Hidayah. Alokasi dana di MI totalnya Rp185 juta," bebernya.

Tiga OMS yang fokus membangun infrastruktur MI Al Hidayah membentuk Tim Pelaksama Kegiatan (Timlak/TPK) yang difasilitasi FMK dan diketuai Suyitno. Untuk TPK Pemasangan Granite Masjid Al-Hasanah di ketuai Dasmuri.

"Kami FMK mengucapkan terimakasih kepada P2M-SG yang telah mendampingi dari awal sampai realisasi program. Terimakasih arahan dan bimbingan, dengan harapan FMK Sejahtera bisa lebih baik," terangnya.

Kades Kasiman, Rumadi, juga mengucapkan terimakasih kepada Semen Indonesia yang telah memberikan program CSR ke Desa Kasiman. Semoga program ini bermanfaat dan mendorong Kasiman lebih maju dan sejahtera.

"Program tahun ketiga ini semoga lebih maksimal," sambungnya.

CDO PT Semem Indonesia di wilayah Kerek, Andik Sutikno, mengajak semua elemen bersama melaksanakan kegiatan dengan baik dan serius. Karena kemanfaatan program ini kembali ke masyarakat.

"Program ini merupakan usulan masyarakat, oleh dan untuk masyarakat," imbuhnya.

Manajemen Semen Indonesia selalu menyuport kegiatan di desa sekitar operasi melalui anggaran CSR. Kegiatan ini membutuhkan perencanaan yang baik, karena hasilnya juga akan baik pula. Bola sekarang berada ditangan OMS yang akan melaksanakan kegiatan, dan waktunya merealisasikan usulan.

Kedepan juga akan ada monitoring evaluasi dan LPJ. LPJ harus disiapkan supaya program tuntas, dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Satu rupiah pun merupakan anggaran negara, dan akan dilaporkan ke negara.

Andik memohon dukungan dari seluruh masyarakat Kasiman untuk mendoakan Semen Indonesia, supaya lancar produksinya dan mendapatkan keuntungan lebih. Karena keuntungan tersebut kembalinya juga ke masyarakat melalui CSR.

"Semoga di Kasiman kedepan fokus kegiatan pemberdayaan yang berbasis penguatan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, tim ahli P2M-SG, Muhailili, menjelaskan tujuan FMK mengundang semua elemen masyarakat di balai desa untuk memberitahu kalau program mau dimulai. Program ini tidak tiba-tiba, tapi melalui proses panjang.

FMK Kasiman mengedepankan keterbukaan. Sebelum realisasi ada tahapan persiapan yang melibatkan banyak pihak, diantaranya P2M-SG dan Pemkab Tuban. Tahap sosialisasi program juga dimulai dari tingkat kabupaten sampai desa.

Pria ramah ini, meminta masyarakat Kasiman untuk memegang kepercayaan dari Semen Indonesia. Apabila program dan LPJnya lancar, tentu tahun depan perhatian dari perusahaan Semen BUMN akan lebih baik.

OMS diminta harus kompak, dan mau bagi tugas untuk meringankan kinerja. Setiap ada kegiatan juga harus ada dokumentasinya, supaya kelak LPJnya ringan.

Mari mengedepankan keterbukaan, supaya tidak timbul fitnah. Nanti juga akan ada monitoring dari Pemkab, Media, dan SI. Mari awasi FMK demi kebaikan bersama.

Penerima manfaat program CSR, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Kasiman, Srihadi, berterimakasih atas program pemberdayaan pertanian. Semoga distribusi pupuk di Desa Kasiman lebih lancar untuk kesejahteraan petani.

"Kios pupuk di Kasiman sudah berdiri sejak 2010 dan menggunakan dana pribadi. Dengan suntikan modal tentu akan berjalan lebih baik," pungkasnya. (Aim)

Dibaca : 505x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan