Rabu, 12 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Sendang Kalangan Tuban Menuju Destinasi Wisata Alam

Editor: samian
Rabu, 09 Mei 2018
Ali Imron
DESTINASI WISATA ALAM : Tabur benih ikan setelah launching Sendang Kalangan di Desa Montong Sekar, Kecamatan Montong.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Setelah dilaunching oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, Jawa Timur, Miyadi, Sendang Kalangan yang terletak di Desa Montong Sekar, Kecamatan Montong terus melaju menuju destinasi wisata alam. Selain menyuguhkan titik swafoto yang memikat, di kawasan hutan seluas kurang lebih 1,5 hektar ini juga memiliki dua kolam andalan.

"Alhamdulillah sebelum Ramadhan Sendang Kalangan bisa dilaunching," ujar Camat Montong, Suwoto, kepada suarabanyuurip.com, Rabu (9/5/2018).

Pria berkacamata ini, menjelaskan, hasil komunikasi dengan Bupati Tuban, Fathul Huda, sendang ini akan dipakai kegiatan Safari Ramadhan tanggal 31 Mei 2018 mendatang. Dukungan tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap wisata alam yang dikelola oleh desa.

"Ternyata sendang ini dulunya juga pernah dipakai mandi oleh pak Bupati," terang Suwoto.

Sekalipun baru 30% rehabnya, tapi mantan Sekcam Jenu ini sudah berani melaunchingnya. Harapan dari masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Montong Sekar, saat liburan Idul Fitri sudah bisa dioperasikan.

Konsep dari wisata ini kedepannya selain menikmati kolam, wisatawan kalau menapaki jalan wisata bisa langsung memetik jeruk buah. Tahun ini, dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tuban memberikan bibit jeruk sebanyak 800 batang.

"Akan ditanam di sekitar Sendang, dan wisatawan bisa menikmati suasana alam. Jika jeruknya berbuah bisa petik jeruk," jelasnya.

Dengan dibukanya sendang ini, pihaknya meminta dukungan dari DPRD dan Dinas Pariwisata Kebidayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban. Selain itu, Sanggar Kesenian Montong Sekar (SKM) yang baru dikukuhkan juga perlu dibina, dan didukung APBD. Dikarenakan sanggar ini memiliki kesenian jaranan yang kas Desa Montong Sekar.

"Kami akan paketkan wisata di Kecamatan Montong mulai Guwoterus, Montong Sekar, dan Jetak," janjinya.

Ketua DPRD Tuban, Miyadi, menegaskan, Sendang Kalangan perlu perawatan dan pembenahan supaya bisa memikat pengunjung. Beberapa potensi wisata yang ada perlu dikombinasikan, supaya bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

"Kami selaku legislatif memastikan APBD memihak wisata alam," sergah politisi PKB Tuban.

Apabila Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sudah masuk ke meja dewan, Miyadi akan mengawalnya sesuai yang diajukan oleh Kadisparbudpora Tuban. Lebih dari itu, diharapkan pula sinergi antara Ulama dan Umara supaya Bumi Wali (sebutan lain Tuban) sejuk.

Kepala Disparbudpora Tuban, Sulistiyadi, meminta semua stakeholder memunculkan semua potensi wisata di wilayahnya. Dikarenakan di masa sekarang, apapun bisa dijual asalkan memiliki keindahan baik berupa batu, air, maupun panorama alam lainnya.

"Sendang Kalangan ini potensi dikembangkan karena masih asri dengan sumber mata air dan pohon lindungnya," tambahnya.

Setelah wisata ini dilaunching, Sulistiyadi mendorong Pemdes segera membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk segera menentukan tiket masuk dan parkir. Selain itu, toilet, warung makan minum dan fasilitas penunjang lainnya.

"Jika wisata ini sudah berjalan, Pemkab hanya minta 30% dari parkir. Retribusi ini berlaku bagi semua wisata yang dikelola swasta atau desa," pungkasnya. (Aim)

Dibaca : 1531x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>