Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Sengaja Pemkab Bocorkan Kisi-kisi Soal Tes Perangkat Desa

Editor: samian
Senin, 06 November 2017
Ali Imron
Kepala Dipemas dan KB Tuban, Mahmudi.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Ribuan calon perangkat desa di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tak perlu gugup menghadapi tes ujian tulis. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dengan senang hati membocorkan kisi-kisi soal tes kepada publik.

“Soal itu dibuat pemkab mencakup pemerintahan, hukum, pendidikan, agama, dan pengetahuan umum,” ujar Wabup Tuban, Noor Nahar, kepada suarabanyuurip.com, usai rapat paripurna di gedung dewan, Senin (6/11/2017).

Sama dengan tahun sebelumnya, dalam pembuatan soal tes perangkat desa pemkab tidak menggandeng pihak ketiga. Soal bakal diujikan oleh berbagai instansi, mulai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Dipemas dan KB), Dinas Pendidikan, Bagian Hukum Setda, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Noor Nahar, menampik jika pemkab dituding mendominasi dalam pengisian perangkat desa, dengan mengambilalih kewenangan desa. Dalam pembuatan soal tes, butuh kesamaan supaya kualitas perangkat desa dapat sesuai keinginan.

“Kita komitmen tes jujur dan memastikan tidak ada perangkat desa titipan,” imbuh pria kelahiran Kecamatan Rengel.

Kepala Dipemas dan KB Tuban, Mahmudi, menambahkan, untuk meningkatkan keamanan dalam pembutan soal dan distribusi TNI/Polri bakal terlibat. Bagi tim pembuat soal bakal dikarantina di Pendopo Krido Manunggal. Ketentuannya tanpa menggunakan alat komunikasi maupun berkomunikasi dengan orang lain.

“Makan minum dan tidur disitu,” sambungnya.

Untuk penyusunan soal, ada lima item yang di masukan. Setiap item ada 25 pertanyaan, dan keseluruhan ada 125 soal yang harus di kerjakan calon perangkat desa.

Sebagaimana komitmen awal, kegiatan tes tulis bersumber dari APBDes sampai masa pelantikan. Sedangkan calon tidak diperkenankan dibebani pendanaan apapun. Proses pembiayaan Itu sudah disosialisasikan, dan dikomunikasikan ke masing-masing kecamatan.

Catatan Dipemas dan KB Tuban,  ada 418 jabatan perangkat desa kosong. Tersebar di Kecamatan Kenduruan 16 lowongan perangkat desa, Kecamatan Jatirogo 26, Kecamatan Bangilan 20, Kecamatan Bancar 26, Kecamatan Senori 18.

Kecamatan Tambakboyo 24 lowongan, Kecamatan Singgahan 18, Kecamatan Kerek 21, Kecamatan Parengan 27, Kecamatan Montong 24, Kecamatan Soko 31, Kecamatan Jenu 17, Kecamatan Merakurak 20, Kecamatan Rengel 25, Kecamatan Semanding 26, Kecamatan Tuban Kota 5, Kecamatan Plumpang 17, Kecamatan Palang 23, Kecamatan Widang 20, dan Kecamatan Grabagan 14 lowongan.(Aim)

Dibaca : 1050x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan