Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Sepuluh Kecamatan di Bojonegoro Rawan Gempa

Editor: samian
Selasa, 16 Oktober 2018
Ririn Wedia
Plt Kalak BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

 

Bojonegoro - Pusat Fulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi mencatat ada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, rawan terkena gempa akibat adanya pergeseran lempeng batuan yang ada di perut bumi.

Menurut Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfa, 10 daerah yang dilaporkan oleh Pusat Fulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi itu diantaranya Kecamatan Malo, Kasiman, Purwosari, Gayam, Tambakrejo, Bubulan, Gondang, Sekar, Temayang dan Sugihwaras.

"Laporan itu berlaku untuk tahun 2017 sampai dengan 2021," ujarnya kepada Suarabanyuurip.com, Selasa (16/10/2018).

Kabupaten Bojonegoro sendiri, khususnya di wilayah barat, seperti Purwosari, Gayam, Malo maupun Kasiman memiliki karakteristik tanah gerak. Jalan yang ada di kecamatan tersebut kondisinya bergelombang dan retak-retak. Saat ini jalan yang bergelombang tersebut dicor. Namun sebagian masih retak akibat pergeseran tanah.

"Hanya saja, gempa yang bisa saja terjadi memiliki daya yang sangat rendah," ungkap wanita berkacamata minus ini.

Tercatat, dari tahun 2017 hingga sekarang belum ada kejadian gempa. Meski demikian, BPBD Bojonegoro akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak resah dan cara menghadapinya.

"Kita akan sosialisasikan nanti kepada masyarakat," tandas wanita berhijab.

Menurut Ulfa, sapaan akrabnya, meski potensi gempa juga terletak di Kecamatan Gayam, namun bisa dipastikan tidak akan mempengaruhi aktivitas produksi di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, yang dioperatori ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

"Tidak akan pengaruh ya, karena daya gempa sangat rendah," tandasnya.(rien)

 

 

Dibaca : 3927x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan