Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Setelah Perahu Kuno, Temukan Rantai Kapal

Editor: nugroho
Rabu, 20 Agustus 2014
ririn wedia
BARANG KUNO : Rantai kapal yang dipasang di perahu kuno yang ditemukan sebelumnya oleh warga Ngraho, Kecamatan Gayam.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro – Sejumlah barang kuno kembali ditemukan di Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Setelah sebelumnya warga Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, menemukan perahu kuno, kini ditemukan sebuah rantai kuno di dasar sungai terpanjang di Pulau Jawa Tersebut, Selasa (18/9/2014) kemarin, sekira pukul 14.00 WIB.

Rantai k uno itu ditemukan oleh Sunaryo, warga setempat saat sedang menyelam menggambil pasir. Lokasi rantai kapal sepanjang 35 meter itu berada sama persis di lokasi perahu kunuo yang ditemukan sebelumnya.

“Setelah itu, warga bergotong royong mengangkat rantai ini dan memasangkannya di badan perahu kuno,” kata Kepala Desa Ngraho, Samad.

Dengan temuan ini mengindikasikan bahwa Bengawan Solo menjadi salah satu jalur perdagangan penting pada masa lampau.

Sementara itu, Arkeolog sekaligus aktivis sejarah di Bojonegoro, Nunung Dianawati, mengatakan, rantai ini diduga rantai kapal kuno yang telah di rekontruksi oleh warga sekitar.

"Bahkan, bisa jadi, wilayah Desa Ngraho ini menjadi salah satu titik pelabuhan, dari bentuknya perahu ini pengangkut logistik," ujar Nunung Dianawati, Selasa (19/8/2014).

Dia menambahkan, indikasi bahwa Bojonegoro menjadi salah satu lokasi penting di masa lampau juga diperkuat dengan berbagai temuan di Bengawan Solo seperti temuan pecahan keramik dan artefak lainnya.(rien)

Dibaca : 946x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan