Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Suyoto Lantik 108 Pejabat

Setyo Hartono Terancam Gagal Maju Pilbup Bojonegoro

Editor: nugroho
Selasa, 17 Oktober 2017

SuaraBanyuurip.com -  Ririn Wedia

Bojonegoro - Rencana Setyo Hartono, maju sebagai bakal calon bupati (bacapub) Bojonegoro, Jawa Timur, pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2018 mendatang, terancam gagal. 

Penyebabnya, pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, itu diindikasikan telah melakukan pelanggaran Undang-undang No 10 tahun 2016 tentang tentang Penetapan Peraturan Pemerintah (Perpu) Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang- undang Nomor 10 Tahun 2016 pasal 71 ayat 2.

Pada ayat 2 disebutkan, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Namun pada Senin (16/10/2017) sore kemarin, telah dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas di Lingkup Pemkab Bojonegoro berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bojonegoro Nomor 821.2/276-278/412.301/2017. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah 108 pejabat itu dilakukan oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto di Pendapa Malwopati.

"Kalau ditanya apakah pelantikan kemarin melanggar, jawabannya ya di Pasal 71 ayat 2 itu," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Moh Abdim Munif, saat ditemui di kantornya, Selasa (17/10/2017). 

Yang jelas, lanjut Munib, KPU belum mengambil langkah apapun karena tahapan penetapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati masih lama. 

"Kita tidak tahu apakah Wabup mencalonkan diri atau tidak, lagipula pelantikan itu bisa jadi sudah mendapatkan izin menteri, " tegasnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bojonegoro, Zainudin mengungkapkan, jika pengajuan izin kepada Menteri Dalam Negeri untuk pelantikan kemarin, masih dalam proses. 

"Surat izin pelantikan masih dalam proses, segera kita ajukan," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Wakil Bupati Setyo Hartono berniat maju dalam Pilkada 2018 mendatang. Mantan Ketua DPC Partai Gerindra tersebut telah mendaftarkan diri menjadi bacabup di beberapa Partai. Diantaranya Partai Gerindra, Partai Hanura, dan Partai Nasdem. Tapi, hingga kini belum satupun Partai yang mengeluarkan rekomendasinya.(rien)

Dibaca : 808x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan