Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Sinyal APBN Lemah, Sport Center Rogoh APBD

Editor: samian
Minggu, 24 September 2017
Ali Imron
Sport Center Tuban.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Setelah sinyal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lemah, akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, merogoh kocek dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 untuk membiayai proyek Tuban Sport Center (TSC). Keberlanjutan pembangunan fasilitas olahraga di lingkungan Wire, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, itu disiapkan anggaran Rp60 miliar.

“Anggaran Sport Center itu telah dimasukan dalam Rencana APBD 2018,” ujar Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, ketika dikonfirmasi suarabanyuurip.com, Minggu (24/9/2017).

Dana puluhan miliar itu rencananya diperuntukan membangun lapangan sepakbola, lintasan atletik, pagar stadion, dan sebagian tribun. Pada tahun berikutnya baru dianggarkan pengadaan lampu, yang nominalnya mencapai Rp12 miliar.

Dalam perencanaan awal TSC, APBN menjadi salah satu sumber yang diandalkan Pemkab Tuban. Seiring berjalannya waktu adanya program Nawacita Presiden Jokowi, ternyata APBN banyak diarahkan untuk pembangunan titik terluar Indonesia.

Untuk merealisasikan cita-cita Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pemkab telah mengirimkan proposal dua kali untuk proyek TSC. Nilanya sekira Rp300 juta, tapi sampai detik ini belum ada lampu hijau dari pusat.

“Kami berusaha sebelum tahun 2021 berakhir ada cita-cita RPJMD yang terwujud,” harap politisi PKB Tuban ini.

Dalam kunjungannya pada tanggal 9 Oktober 2016 lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, menyebut perkembangan proyek TSC dilahan seluas 10 hektar ini cukup potensial mengembangkan atlet daerah.

Pria yang menjabat menteri pada tahun 2014 itu, menyadari APBD Tuban tidak cukup mampu mempercepat proyek TSC. Solusinya akan mengusulkan kepada Menteri Keuangan (Menkeu), supaya ada anggaran khusus untuk membantu pengerjaan Pemerintah Daerah (Pemda) Tuban.

“Keuangan internal Kemenpora tidak cukup dan akan dikoordinasikan bersama Menkeu," tegasnya.

Terwujudnya Sport Center juga digadang menjadi ikon olahraga Bumi Wali (sebutan lain Tuban) masa depan. Ketika stadion Lokajaya di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu ada problem, even olahraga dapat dialihkan ke TSC.

Selain Sport Center, Bupati Huda dan Wakilnya Noor Nahar dalam RPJMD lima tahun berencana merealisasikan dua proyek infrastuktur lagi. Pertama tanggul Bengawan Solo melintasi Kecamatan Soko sampai Widang, kemudian Jalan Lingkar Selatan (ring road) yang menjadi solusi kemacetan di Tuban.(Aim)

Dibaca : 311x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan