Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Siti Lismukrindun

Editor: admin
Senin, 04 Juli 2011
Gito
Siti Lismukrindun

SuaraBanyuurip.com - Mugito Citrapati

Sukses Kembangkan Usaha Emping Menyok

* Setelah Mendapat Pelatihan dari MCL - YSI

Tak sedikit perempuan – perempuan sekitar lapangan Banyuurip – Jambaran,mampu memanfaatkan ilmunya setelah mendapat pelatihan dari program pemberdayaan dari Mobil Cepu Ltd. – operator Blok Cepu. Ada keinginan dari mereka untuk mengembangkan keahlian itu di tengah masyarakat.

Siti Lismukrindun warga Desa Begadon, Kecamatan Ngasem ini misalnya. Begitu mendapat pelatihan dari Yayasan Swisscontact Indonesia kerja sama dengan MCL, kini perempuan paruh baya itu mulai mengembangkan usahanya.

Kalau selama sepuluh tahun ini, ibu dari dua anak ini menekuni usaha tokonya yang hanya menjual sembako, namun kini dia sudah bisa menambah isi tokonya dengan menjual Emping dan Rengginang minyok yang berbahan dasar dari singgkong hasil olahan sendiri.

Menurut pengakuan Bu Siti – begitu perempuan berusia 32 tahun ini disapa, pengembangan usaha tersebut baru ditekuni sekitar enam bulan silam, tepatnya setelah mengikuti pelatihan dari MCL melalui Swisscontact.

“Alhamdulillah mas usaha emping dan rengginang menyok ini ternyata sangat membantu ekonomi para anggota khususnya dan masyarakat secara umum,” ungkap Siti Lismukrindun, yang juga sebagai ketua KUB Teguh Rahayu desa Begadon, kepada Suara Banyuurip.

Dijelaskan, selama proses pembuatan rengginag dan emping menyok dia dibantu sedikitnya enam ibu rumah tangga lainnya yang merupakan anggota KUB Teguh Rahayu. Meski masih dikerjakan secara tradisional, dia bersama anggotanya merasa puas bisa mempraktekan pembuatan rengginang dan emping menyok hasil pelatihan yang diikutinya selama ini bersama KUB lainnya disekitar Lapangan Banyuurip – Jambaran.

“Dengan mengikuti pelatihan tersebut saya bisa menerapkan di lingkungan kami dan bisa meningkatan usaha kami mas,” sambung Bu Siti, bangga.

Ditambahkan, saat ini untuk membuat rengginang dia sudah mampu mengolah sebanyak 50 kg singkong. Dan, dari bahan baku yang dia dapat dari sekitar lingkungannya itu Bu Siti sudah bisa memproduksi sedikitnya 15 kilogram rengginang mentah.

Karena permintaan mulai meningkat, Bu Siti bersama KUB Teguh Rahayu pun terus memproduksi reginang dan emping menyoknya. Apalagi, dia tidak pernah kesulitan untuk memperoleh singkong sebagai bahan dasar usahanya tersebut.

Dia melihat, banyak warga sekitar yang menanam singkong di tanah tegalan maupun pekarangannya. “Jadi usaha ini saya anggap akan terus berkesinambunagan.  Bisanya warga sulit untuk menjual singkong dan bahkan sampai dikeringkan kini belum dicabut sudah ditawarkan dan kami pun siap untuk membelinya,” tuturnya.

Meski pembuatan rengginang serta emping menyok diproses secara manual namun aman untuk dikonsumsi masyarakat. Karena dalam pembuatannya  bu Siti lismukrindun tidak pernah menggunakan bahan pengawet.

“Jadi jajanan rengginang serta emping menyok buatan kami ini aman bagi kesehatan dan non kolesterol,” imbuhnya.

Isteri Suparno, warga Begadon ini juga tidak kesulitan dalam memasarkan produknya. Saat ini dia sudah mendistribusikan produknya ke warung-warung serta toko sekitar lokasi Banyuurip – Jambaran.

“Setiap kami mengirim rengginag serta emping menyok kewarung – warung barang yang sebelumnya sudah habis dan jarang ada yang kembali,” ucap Bu Siti dengan mimik renyah serenyah rengginang dan emping menyok buatannya.

Dia berharap, jika di Bojonegoro diadakan pameran prodok lokal dirinya ingin sekali untuk diikutkan. Karena dengan mengikuti pameran maka produk lokal dapat dikenal publik secara cepat. “Dengan munculnya produk makanan lokal dari bahan baku alami seperti singkong, akan membawa dampak positif serta membawa efek kemajuan warga sekitar,”katanya.

Meski begitu, Siti lismuhrindun juga berharap agar MCL memberikan pelatihan komputer kepada kelompoknya kaum perempuan. “Sebab, dengan mampu menguasai komputer, maka dalam pembukuan akan terperinci secara rapi,” pungkasnya.

 

Dibaca : 1321x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan