Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Situs Pusdiklat Migas Cepu Dibajak

Editor: nugroho
Senin, 20 Agustus 2012
Ilustrasi
Tampilan Situs www.pusdiklatmigas.com

SuaraBanyuurip.com - Heri

Cepu - Situs resmi milik pusat pendidikan dan latihan (Pusdiklat) Migas Cepu dideface hacker. Kejadian deface itu diketahui oleh pengelola situs pada Hari Raya Idul Fitri, Minggu (19/8) kemarin.

Data yang diperoleh, halaman yang dirubah oleh hacker dalam situs resmi milik instansi terbesar di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, itu tak tanggung-tanggung. Langsung pada halaman muka atau homepage atau halaman beranda.

Semula halaman beranda situs www.pusdiklatmigas.com berisi laporan kegiatan di Pusdiklat Migas. Pada header situs terdapat tulisan PUSDIKLAT MIGAS Education And Training Center on Oil and Gas, logo
Kementerian ESDM, alamat kantor dengan background gedung Pusdiklat Migas Cepu.

Lain itu, template yang digunakan adalah dua kolom. Pada sidebar terdapat Menu utama yang berisi link halaman depan, arsip berita, hasil ujian sertifikasi, jadwal pelatihan, jadwal sertifikasi, jasa teknologi, pengumuman lelang, dan publikasi ilmiah.

Selain menu utama terdapat menu Profile yang berisi hyperlink ke halaman Tugas Pokok, Lokasi, Fasilitas, Pengalaman dan Mitra Kerja. Juga terdapat tambahan widget Who's Online. Sedangkan pada halaman utama untuk menampilkan berita maupun isi halaman.

Namun, pada lebaran kemarin  hingga hari ini  halaman utama atau halaman depan situs resmi Pusdiklat Migas Cepu ini dirubah hacker. Hacker ini menamakan diri sebagai Dr Cruzz. Di situs itu, Dr Cruzz meninggalkan halaman bergambar profesional bermuka badut dan pesan "w00t! yOu g0t pwned! Dr. Cruzz
Style (peace) Defacerz-ID". Dr Cruzz juga menggunakan favicon Garuda Pancasila dan judul [. Hacked by Dr. Cruzz(TM)> pada judul tabulasi.

Tidak hanya itu, ketika www.suarabanyuurip.com mencoba membuka situs itu, halaman ini juga ditempeli dengan multimedia. Begitu saat membuka www.pusdiklatmigas.com pada browser, maka akan dibukakan halaman hasil deface-an dan otomatis diputarkan lagu instrumentalia gaya eropa. Bila membukanya menggunakan aplikasi Internet Download Manager, maka otomatis akan muncul penawaran untuk
mendownload file mp3 bernama Dr-Cruzz.mp3. File mp3 ini dititipkan pada http://wepedia.ro/coupons/Dr-Cruzz.mp3.

Ketika suara banyuurip mencoba mengkonfirmasi tentang motivasi Dr Cruzz mendeface situs Pusdiklat Migas Cepu melalui blog-nya di http://xcruzz.blogspot.com/, belum ada jawaban.

Terpisah,  Kepala Humas Pusdiklat Migas Cepu Wien Eko Koesfiyanto membenarkan pembajakan situs tersebut. Ia berjanji, akan segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Kita segera berkoordinasi dengan tim pengelola web untuk membetulkannya," tegas Wien, Minggu (20/8). (heri/suko)

Dibaca : 2519x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan