Jum'at, 23 Agustus 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

SKPP Tak Wajib Dimiliki SPBU

Editor: samian
Senin, 31 Oktober 2016
Ahmad Sampurno
SIDAK : Tim dari ESDM Blora saat melakukan sidak di salah satu SPBU yang ada di wilayah Kabupaten Blora.

SuaraBanyuurip.comAhmad Sampurno

Blora - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menganggap kepemilikan Sertifikat Kelayakan Penggunaan Peralatan (SKPP) bagi setasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) tidak wajib. Karena pengujian kayakan telah dilakukan oleh Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kabupaten Blora, Jawa Tengah sebelum SPBU beroperasi. Itu diungkapkan oleh Suma Novendi, Ketua Hiswana Migas Wilayah Pati, Jawa Tengah.

Dia menegaskan, bahwa Disenaker lah yang melakukan pengujian. “Bejana tekan, Genset, alat pemadam api, penangkal petir, dan lain-lain diperiksa oleh Disnaker,” ujarnya melalui pesan singkat yang dikirim kepada suarabanyuurip.com, Minggu (30/10/2016) kemarin.

Sebelumnya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Blora telah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dibeberapa SPBU di wilayah Blora. Namun kebanyakan SPBU tidak bisa menunjukkan SKPP. Dinas ESDM juga menyatakan bahwa SKPP tersebut sangat penting untuk  setiap SPBU. Sebab, itu termasuk sertifikat yang harus dikantongi pengelola SPBU sebagai tanda bukti bisa kondisi tanki penimbunan di SPBU aman.

Ada kekhawatiran, apabila tidak memiliki sertifikat tersebut tanki timbun rawan bocor atau dianggap tidak layak. Padahal, keamanan untuk tangki timbun itu cukup penting. Dalam pengurusan SKPP itu pun harus melalui Dirjen Migas. (ams) 

Dibaca : 621x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan