Sabtu, 20 Juli 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

SMK Negeri 1 Cepu Bikin Film Sumur Tua Ledok

Editor: nugroho
Senin, 08 Juli 2019
ahmad sampurno
Siswa SMK Negeri 1 Cepu Bersama penambang minyak sumur tua usai produksi film di sumur minyak tua Ledok LDK 204.

SuaraBanyuurip.comAhmad Sampurno

Blora- Aktivitas penambangan di Lapangan Sumur Minyak Tua Desa Ledok, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menarik perhatian siswa SMK Negeri 1 Cepu, untuk mengangkatnya menjadi sebuah film.

Film tersebut dibuat oleh tujuh siswa dari jurusan Multimedia. Diketuai Puji Maharani (17), Kelas XII.  

Menurut Puji, sapaan akrabnya, penambangan minyak secara tradisonal di Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, itu terapat keunikan. Terutama dalam proses pembersihan sumur tidak menggunkan peralatan modern. Melainkan masih menggunkan cara-cara tradisional.

Yakni masih menggunkan tenaga manusia. Sedangkan alat yang digunakan seperti seling untuk penarik, pengunci manual, tali temali seling, pipa penarik dan katrol.

“Kebanyakan alat dibuat sendiri,” ujarnya di sela-sela editing film di salah satu ruamah guru pembingnya, Minggu (7/7/2019).

Gadis berhijab ini menjelaskan, film yang akan disajikan nanti lebih pada proses pembersihan sumur. “Kalau proses penambangannya sudah banyak yang ngangkat,” ucapnya.

Pengambilan gambar ini hanya memerlukan waktu sehari. Rencananya, film dokumenter itu akan diberi judul “Memancing Ikan Mengharap Minyak”.

“Ini bagian tugas untuk para siswa di komunitas Film SMK Negeri 1 Cepu,” tutur Titi Sari, Guru Pendamping Komunitas Film tersebut.

Pembersihan sumur ini menjadi penting untuk para siswa karena momen langka. “Makanya kami ajak anak-anak untuk mengabadikannya,”tegasnya.(ams)

Dibaca : 407x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan