Selasa, 11 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

SMPN 3 Tuban Lolos 20 Besar Penilaian KBK

Editor: samian
Jum'at, 12 Oktober 2018
Ina Maghfiroh
BERI PENILAIAN : Tim 1, Dwi Suyantono sedang serius melakukan penilaian di SMPN 3 Tuban.
TERKAIT:

SuaraBanyuurip.com - Ina Maghfiroh

Tuban- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Tuban, Jawa Timur, merupakan salah satu dari empat lembaga pendidikan yang lolos 20 besar dalam penilaian Kelompok Budaya Kerja (KBK) tingkat Jawa Timur 2018. Tim penilai I pada Jumat (12/10/2018) langsung melakukan kunjungan ke lembaga pendidikan yang lolos 20 besar dari 150 instansi/lembaga di Jalan Sunan Kalijaga Tuban.

“Yang lolos KBK meliputi Rumah Sakit, Puskesmas, SMP N 4 Tuban dan SMP N 3 Tuban,” ujar Tim I Kabag Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Pemprov Jatim, Dwi Suyantono, ketika ditemui suarabanyuurip.com usai penilaian.

Dwi sapaan akrabnya menjelaskan, setelah lolos 20 besar, penilaian di SMPN 3 Tuban mencapai sekira 60 – 70%. Diharapkan capaian ini meningkat dan lolos ke babak 10 besar.

Beberapa indikator dalam penilaian KBK, meliputi bagaimana cara menemukan masalah yang ada. Ditambah bagaimana cara memecahkan sebuah permasalahan.

Salah satu contohnya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mengetahui titik permasalahan di unit kerja masing-masing. Setelah itu dapat menentukan solusi, yang sesuai untuk memecahkan masalah itu.

“Sebenarnya PNS sekarang ini tidak boleh acuh tak acuh terhadap lingkungan kerjanya. Pokoknya sekarang harus tau," tegas pria bertubuh tegap ini.

Pria asal Surabaya ini, menambahkan, di dalam KBK antara teori dan praktik harus seimbang. Sebagus apapun teori kalau tidak sesuai realita, tentu hasilnya tidak sesuai harapan.

Tujuan KBK sendiri, diharapakan dapat mengubah pemikiran-pemikiran yang dulu belum bagus menjadi bagus. Disamping itu, sebelumnya masyarakat yang melayani, namun sekarang kita sebagai pelayan masyarakat.

Dalam penilaian ini, tim tidak memiliki persiapan khusus. Terpenting kriteria penilaian sesuai dengan kenyataannya secara original.

“Salah satu output mendidik siswa dapat membentuk karakter yang diharapkan," tandas pria yang menilai dari dua provinsi, delapan kabupaten dan 10 KBK.

Terakhir hasil penilaian KBK ini, akan diumumnkan pada 20 Oktober 2018 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMPN 3 Tuban, Sa’roni, juga turut mendampingi tim selama penilaian. Diharapakan lembaganya meraih nilai yang terbaik.(Ina)

Dibaca : 488x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>