Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Staf Kepresidenan Hadiri Seminar HAM di STITMA Tuban

Editor: nugroho
Jum'at, 02 November 2018
Ali Imron
SEMINAR HAM : Staf Kepresidenan RI, Idris Masudi bersama narasumber Festival HAM 2018 digelar di Stitma Tuban

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Staf Kepresidenan RI, Idris Masudi hadir sekaligus menjadi pembicara di seminar yang digelar Lembaga Penelitian, Penerbitan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) Tuban, Jawa Timur, bersama INFID Jakarta. Terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka Roadshow Festival HAM (Hak Asasi Manusia) 2018 bertemakan Merawat Keragaman, Memperkuat Solidaritas Menuju Indonesia yang Inklusif dan Berkeadilan. 

Peserta Festival HAM terlihat antusias. Aula STITMA Tuban di Jalan Manunggal dibanjiri peserta hingga meluber. Bahkan para peserta rela duduk di luar aula sambil membawa kursi sendiri untuk mendengarkan pemaparan para nasumber yang kompeten dalam bidang-nya. 

“Kami mohon maaf, karena kapasitas aula STITMA Tuban dan undangan hanya sekitar 300-an, tapi yang hadir ini lebih banyak dari yang perkirakan,” ujar Ketua Panitia yang juga Ketua LP3M STITMA Tuban, Jamal Ghofir, kepada suarabanyuurip.com, Jumat (2/11/2018).

Jamal, sapaan akrabnya, menjelaskan kegiatan inii bertujuan agar terlaksana proses edukasi publik mengenai HAM dan pentingnya pemberdayaan potensi generasi muda secara optimal. Sehingga tercipta generasi muda yang memiliki loyalitas dan komitmen terhadap agama, bangsa dan negara yang berazaskan Pancasila dan nilai-nilai Aswaja.

Wakil Sekretaris PC NU Tuban ini, menambahkan, seminar Roadshow Festival HAM ini juga diharapkan menciptakan militansi generasi muda dalam menyikapi arus globalisai dan Islam Trans Nasional. Selain itu, sebagai sarana membangun konsolidasi bagi seluruh element kaum muda dalam keanekaragaman budaya, tradisi, dan agama.

Ketua  STITMA Tuban, Akhmad Zaini, mengaku sangat berterimakasih pada semua pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan, teruatama pada INFID, Komnas HAM, Kantor Staf Presiden yang telah mensuport kegiatan yang akhirnya berjalan dengan sukses dan lancar.

“Saya mantan wartawan, pada saat itu kami sangat senang sekali kalau ditugaskan oleh redaksi meliput kegiatan seperti ini. Karena banyak berjibaku melakukan peliputan akhirnya saya banyak tahu apa arti sesunguhnya toleransi dan apa itu HAM,” sambungnya. 

Selain Idris Masudi, Seminar Festival HAM 2018 juga menghadirkan narasumber M. Faisal Fatawi dari Akademisi Dosen UIN Malang, dan Aminoto Sa’dullah  dari Cendekiawan Muda NU Tuban.

Sementara Direktur INFID Sugeng Bahagijo yang akan hadir, terpaksa tidak dapat mengikuti acara sebagai narasumber dikarenakan ada instruksi rapat bersama Menteri Hanif Dakiri.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Organisasi Sosial Keagamaan Nahdlatul Ulama, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), dari Intansi Pemerintahan dan Kepemudaan, Kesbangpolinmas, GP Ansor, Fatayat NU, Generasi Muda Umat Beragama (Gemautma), IPNU-IPPNU dan PMII. Untuk institusi pendidikan, selain para dosen dan mahasiswa STITMA Tuban, perwakilan kampus se-Kabupaten Tuban, perwakilan SMA, MA, SMK, serta kalangan jurnalis yang bertugas di Bumi Wali Tuban. (aim)

Dibaca : 335x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan