Sabtu, 18 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Sumber Jalani Pemetaan Ulang

Editor: samian
Kamis, 20 Agustus 2015
SuaraBanyuurip.com/Edy
Sumur migas di desa Sumber, kecamatan Merakurak, kabupaten tuban

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Operator Migas Blok Tuban, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ), menyatakan saat ini masih melakukan pemetaan ulang struktur Sumur Sumber yang terletak di Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

“Sumur Sumber status saat ini sedang pemetaan ulang struktur sumber dengan data hasil reprocessing data seismik sebelumnya,” jelas Field Manager JOB PPEJ, Junizar, membalas konfirmasi Suarabanyuurip.com, Kamis (20/08/2015).

”Setelah itu, akan diputuskan apakah akan ngebor lagi apa tidak,” lanjut Junizar.

Ditanya apakah ada kemungkinan pengeboran di Sumber dihentikan? Junizar mengatakan, tidak bisa sesederhana itu pertanyaan dijawab. Dia menjelaskan, cadangan gas (seperti di Sumber) setelah dinyatakan sebagai cadangan terbukti sekalipun, harus dihitung keekonomiannya untuk dieksploitasi.

“Meskipun cadangan gas telah dinyatakan sebagai cadangan terbukti masih harus dihitung keekonomiannya untuk dieksploitasi, dimana ini sangat ditentukan oleh adanya pasar untuk menyerapnya,” terang Junizar.

Berbeda dengan minyak, kata Junizar, kalau cadangan minyak dinyatakan sudah terbukti bisa langsung diproduksikan (dieksploitasi).

Sebelumnya, baik Pemerintah Desa (Pemdes), tempat Lapangan Sumber berada dan juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengaku belum mengetahui kabar rencana pengelolaan Lapangan Sumber selanjutnya.

Diketahui, uji produksi lapangan Sumber 1 sudah selesai dilaksanakan sejak Bulan November tahun 2013 lalu.

Data yang didapat Suarabanyuurip.com pada 2013 lalu, hasil eksplorasi Sumber-A1 cukup bagus, yaitu mendapatkan hasil rate gas dengan choke 32/64” sebesar 6.6MMSCFD dan kondensat 216 Barel per hari. Lapangan Sumber diketahui menyimpan cadangan hidrokarbon yang cukup potensial. (edp)

Dibaca : 750x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan