Minggu, 18 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Surat untuk Bupati Anna dari Siswa

Editor: samian
Sabtu, 27 Oktober 2018
d suko nugroho
SEMANGAT : Siswa saat praktek membuat karya tulis dalam workshop literasi di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Ada yang menarik dalam workshop literasi bertajuk "Menulis untuk Negeri" yang dilaksanakan SMP Negeri 5 Bojonegoro, Jawa Timur, di Pendapa Malwopati Pemkab setempat, Sabtu (27/10/2018). Para siswa yang tergabung dalam tim literasi sekolah setempat menulis sebuah surat untuk Bupati, Anna Muawanah tentang harapan Bojonegoro. 

"Sekilas membaca isi tulisannya tadi sebagian besar tentang harapan pembangunan dan memajukan wisata," kata narasumber workshop, Parwoto yang juga guru SMPN 2 Gondang usai kegiatan.

Tulisan hasil karya para siswa ini akan dibukukan bersama tulisan peserta workshop. Ada tiga tema tulisan dari peserta yang akan dijadikan buku yakni tentang jejak-jejak pemimpin dan proses mencetak pemimpin.

Untuk tulisan jejak-jejak pemimpin dan proses mencetak pemimpin ini ditulis oleh Ketua dan pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dari 49 SMP Negeri, 18 SMP swasta dan 14 MTs di Bojonegoro.

"Dari workshop ini ada tiga buku yang kita terbitkan. Tulisan peserta ini akan diedit lebih dulu sebelum dibukukan," sambung Kepala SMP Negeri 5 Bojonegoro, Ufar Ismail di sela-sela workshop. 

Diharapkan dengan workshop ini dapat menggiatkan kemampuan anak dalam menulis. Selama ini, menurut dia, para siswa sudah memiliki kemampuan menulis, tapi kurang dioptimalisasikan.

"Nah, melalui workshop ini itu bisa dimaksimalkan lagi," tegas Ufar, sapaan akrabnya. 

Untuk mengoptimalkan literasi di sekolah ini diperlukan campur tangan kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di setiap sekolah.

Pembina OSIS SMPN 1 Purwosari, Nurhidayah mengapresiasi workshop literasi ini karena bisa menumbuhkan budaya membaca dan menulis di kalangan siswa, sehingga mereka bisa menyerap setiap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan bahasa yang dipahaminya.

"Apalagi pembelajaran di mata pelajaran apapun membutuhkan bahasa, terutama membaca dan menulis," pungkasnya. (suko)

Dibaca : 612x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan