Minggu, 17 Februari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tabloid Sudutkan Capres Prabowo Beredar di Blora

Editor: nugroho
Sabtu, 19 Januari 2019
Ahmad Sampurno
SEDANG DIKAJI : Bawaslu menunjukkan Tabloid Indonesia Barokah yang diamankan dari sejumlah masjid di Blora.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Sebuah tabloid terkesan provokatif dan menyudutkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno beredar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sasaran penyebarannya adalah tempat ibadah umat Islam (Masjid).

Tabloid tersebut bernama Indonesia Barokah. Media massa itu telah beredar luas di Blora, dan sedang ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat. 

Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan mengaku Tabloid Indonesia Barokah di sejumlah masjid di kabupaten Blora. Jumlahnya sebanyak 50  eksemplar, dan saat ini telah diamankan di Kantor Bawaslu Blora. 

"Itu kita amankan dari 25 masjid pada Kamis sore setelah adanya laporan masyarakat," kata Lulus saat ditemui sejumlah wartwan di kantornya, Sabtu (19/1/2019). 

Dari penelusuran Bawaslu,Tabloid Indonasia Barokah dikirim melalui jasa Pos.  Media cetak itu dikemas menggunakan amplop coklat dan di dalamnya dibungkus plastik warna hitam. 

Pada amplop tertulis pengirimnya Redaksi Tabloid Indonesia Barokah, Pondok Melati, Bekasi. Masing-masing amplop berisi 2 sampai 4 eksemplar.

"Memang pengirimnya dari jauh, dari Bekasi. Dikirim lewat pos. Cuma kita tidak tahu kok bisa sampai sini," tuturnya. 

Lulus menjelaskan isi berita dalam Tabloid Indonesia Barolah kebanyakan menyudutkan pasangan Capres- Cawapres Nomor 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno. Beritanya seolah-olah menggiring opini masyarakat ke salah satu paslon.

"Sekilas beritanya memang bukan hoax, tapi memframing salah satu capres. Nanti akan kita bedah dulu. Kita juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian mengenai temuan ini," tandasnya.

Jika dilihat sekilas dari judul dan layout isi Tabloid Indonesia Barokah banyak memuat kebaikan Jokowi dan menyudutkan Prabowo.

"Itu baru sekilas ya, ini belum kami dalami," kata Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Blora Sugie Rusyono, menambahkan.

Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) telah melaporkan beredarnya taboit Indonesia Barokah di sejumlah masjid. 

Namun demikian pihaknya belum menentukan apakah itu termasuk bentuk pelanggaran atau tidak.

"Nanti akan kita kaji dulu. Ini akan kita laporkan juga ke Bawaslu Provinsi dan akan kita bahas juga bersama Gakumdu," ucapnya.

Apabila penyebaran Tabloid Indonesia Barokah tersebut bersifat kampanye, tambah dia, hal tersebut dilarang dan menyalahi aturan ketentuan Undang - Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 280 ayat 1 huruf h, yang melarang menjadikan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan pendidikan sebagai tempat berkampanye.  (ams)

Dibaca : 14286x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>