Selasa, 21 Mei 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Tak Jaga Lingkungan, Perusahaan Tambang Tak Diberi Pelayanan

Editor: nugroho
Selasa, 30 April 2019
Ist
Menteri Jonan menyampaikan upaya yang dilakukan untuk menjaga lingkungan di sektor ESDM.

SuaraBanyuurip.com - Kementerian ESDM dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tidak akan memberikan pelayanan kepada perusahaan tambang baik mineral maupun migas yang tidak komitmen menjaga lingkungan dalam kegiatannya. 

"Jika mereka tidak komitmen, nanti pelayanan penambangan akan dikurangi atau tidak dilayani", tegas Jonan saat temu media bersama Menteri ESDM dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Jakarta,  Senin (29/4/2019).

Jonan menjelaskan pihaknya mendukung upaya-upaya untuk mengurangi dampak lingkungan hidup pasca kegiatan sektor ESDM. Salah satu langkah nyatanya adalah dengan menetapkan kewajiban untuk melakukan reklamasi pasca penambangan sesuai dengan persetujuan AMDAL yang diterbitkan. 

"Kami komitmen untuk itu," tandasnya dilansir dari laman resmi Kementerian ESDM.

Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman yang seragam antara Inspektur Tambang dengan PPNS dari Ditjen Penegakan Hukum Kementerian LHK agar komitmen tersebut bisa berjalan. 

"Jika tidak hanya akan jadi Business as Usual," ucap Jonan.

Di samping perbaikan lingkungan hidup pasca kegiatan tambang, Kementerian ESDM juga mendorong pengurangan polusi dan menekan emisi gas buang. 

"Kami menerapkan program campuran fame (minyak CPO) ke minyak solar sebesar 20% di mana solar mewakili 2/3 dari penggunaan seluruh minyak di Indonesia. Itu berarti kalau dihitung dari aspek renewable nya 2/3 dikali 20% jadi 13%," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM dan Kementerian LHK telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Peningkatan Koordinasi Pelaksanaan Tugas Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral. Penandatangan MoU ini merupakan upaya meningkatkan koordinasi pelaksanaan tugas antara Kementerian ESDM bersama Kementerian Lingkungan Hidup. 

"MoU ini merupakan semangat bersama dua kementerian dalam pengelolaan lingkungan. Ini harus segera ditindaklanjuti dengan perjanjian yang lebih detail," pungkasnya.(red)


Dibaca : 184x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan