Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tanam Pohon Bersama Warga

Editor: samian
Minggu, 20 Desember 2015
dok.SBU
TANAM POHON : EMCL dan LSM TROPIS INDONESIA menanam pohon bersama warga Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

SuaraBanyuurip.com - Winarto 

Bojonegoro - Puluhan warga Dusun Samben, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Bojonegoro, Jawa Timur ramai-ramai menanam pohon. Dusun yang berdekatan dengan proyek Banyu Urip, Blok Cepu itu akan dihijaukan dengan ribuan pohon yang ditanam warga.

"Kami bersama pemerintah desa mendampingi warga melaksanakan program kampung hijau bantuan EMCL," ujar ketua LSM Tropis Indonesia, Musyadad di sela-sela kegiatan tersebut pada Minggu (20/12/2015).

Menurut dia, dalam kegiatan menanam di tanah EMCL ini akan ditanam sebanyak sekira 6.100 tanaman buah dan lindung yang terdiri dari Trembesi diameter 10 cm, Gladag Tiang, Kemiri Sunan, Jambu Merah, Mangga Hokyong dan Bambu Jepang.

"Untuk Bambu Jepang akan di tanam di kanan dan kiri jalan poros Dusun Samben dan Ledok," jelasnya.

Musyadad menuturkan, program Kampung hijau adalah program pengembangan tanaman holtikultura, buah-buahan dan pohon lindung berbasis masyarakat. Kegiatan utamanya, kata dia, adalah menanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah  warga, lahan kanan dan kiri jalan poros desa dan di lahan milik EMCL di luar pagar pembatas proyek.

"Selama ini lahan tersebut sudah dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan pertanian," ungkapnya.

Musyadad menambahkan, pemanfaatan area publik seperti lahan di kanan dan kiri jalan poros desa dengan tanaman Bambu jepang menjadi salah satu kegiatan dalam program Kampung hijau ini. Jumlah Bambu jepang yang ditanam ada 3000 batang setinggi 2,5 hingga tiga meter.

Kata Musyadad, Bambu Jepang dipilih karena tanaman karakteristiknya yang cocok untuk tanaman hias, pagar maupun tanaman produksi.

"Bambu jepang juga biasa di di tanam di area perkantoran, perumahan, hotel dan apartemen," ungkapnya.

Karena keindahanya, imbuh Musyadad, bambu jepang  menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta taman. Sebab disamping indah, juga mampu menyaring debu serta udara kotor akibat asap kendaraan dan debu jalanan.

Musyadad mengaku, penanaman Bambu jepang di sepanjang jalan poros Dusun Samben dan Dusun Ledok Desa Mojodelik melibatkan banyak pihak. TROPIS Indonesia sebagai pelaksana program, kata dia, telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Mojodelik termasuk pemilihan hari pelaksanaan penanaman bersama.

"Dilaksanakan pada hari libur yaitu hari Minggu dengan harapan perangkat desa Mojodelik dan masyarakat bisa guyub ikut gotong royong dalam kegiatan tersebut," jelasnya.

Sementara itu menurut juru bicara dan humas EMCL, Rexy Mawardijaya, program ini merupakan komitmen EMCL dalam penghijauan di sekitar wilayah operasi operator Blok Cepu tersebut.

"Selain itu, tanaman buah juga bisa memberi tambahan penghasilan bagi warga," pungkasnya. (win) 

Dibaca : 834x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan