Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tanggul Gendong Kulon Jebol

Editor: nugroho
Rabu, 16 Desember 2015
totok martono
JEBOL : Petugas Kecamatan Babat menunjukkan lokasi tanggul yang jebol.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan - Tanggul Gendong Kulon di Desa Sogo, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur jebol, Rabu (16/12/2015). Diduga penyebab jebolnya tanggul karena panjangnya musim kemarau sehingga tanah tanggul merengkah dan saat diguyur hujan tanah tanggul longsor dan jebol.

Dari pantauan jebolnya tanggul yang menjadi pembatas sungai dengan lahan pertanian warga itu cukup parah. Panjangnya sekitar 2,5 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter.

"Padahal sejak kemarin tidak turun hujan,tiba-tiba tanah tangggul nglorok (longsor) dan jebol seperti ini, " kata seorang warga Kirdi.

Beruntung saat tanggul jebol kondisi sungai tidak sedang penuh air sehingga tidak sampai meluap menggenangi areal persawahan yang baru saja ditanami padi.

Pihak pemerintah desa segera lapor ke Muspika setelah tanggul jebol. Dengan laporan tersebut anggota TNI dari Koramil dan anggota Ketertiban dan Ketentraman Umum (Trantibum) Kecamatan Babat bersama warga setempat melakukan kerja bakti 'menambal' tanggul yang jebol.

"Untuk sementara telah dilakukan pengurukan tanggul dengan karung berisi tanah. Kerja bakti akan dilanjutkan besok,"  jelas Kasi Trantibum Babat, Darmudji.

Beberapa warga di lokasi mengatakan selama ini hampir setiap tahun saat hujan turun tanggul selalu jebol. Meski demikian tidak pernah ada penanganan serius dari Pemkab Lamongan.

"Seharusnya tanggul dibangun dan ditinggikan. Tidak terus ditambal setiap longsor atau jebol," ujar salah satu warga.

Camat Babat, Fadheli Purwanto dikonfirmasi terpisah mengaku sudah melaporkan jebolnya tanggul ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan.

"Sudah saya laporkan dan BPBD akan segera mengirimkan karung glangsing, gedek dan bambu bongkotan untuk menahan tanggul yang jebol," ungkap Fadheli.(tok)

 

Dibaca : 646x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan